Suasana Haru Warnai Wisuda UIN Ar-Raniry Aceh Ditengah Pandemi Covid-19

oleh -24 views

TEWENEWS, Aceh – Mencekam, ramai tapi sunyi. Begitulah pemandangan saat sejumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry di wisuda di ruang Auditorium Ali Hasjmy kampus setempat, Senin (23/11/2020). Warna-warni tetapi tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Hasil pantauan media tewenews, Orang tua/wali yang hadir acara tersebut ada menangis karena terharu pada anaknya selesai wisuda ada juga orang tua menangis tidak bisa mendampingi anaknya disaat- saat penyerahan toga, terlihat dilapangan banyak fractor penyebabnya orang tua/wali menangis mulai acara sampai selesai, jelas Panitia pelaksanaa wisuda saiful.

Ia menceritakan, wisuda semester genap tahun ini ketat dengan protokol kesehatan karena digelar saat pandemi Covid-19. Wisudawan tidak dibenarkan membawa orang tua/wali ke dalam gedung tempat berlangsungnya prosesi wisuda.

Baca Juga :   Jelang Perayaan Malam Natal, Wakapolres Jakbar Tinjau Gereja di Tanjung Duren

Tadi siang sempat diwawancarai media tewenews.com salah satu orang tua yang nangis, saat ditanya kenapa bu ? Jawabannya, saya menangis melihat wisuda tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya yang dulu disini penuh dengan orang tua/wali dan para tamu undangan berbagai daerah ada orang tua/wali di pulau Sumatra bahkan ada dari negeri jiran (Malaysia) tapi pada hari ini mareka tidak terlihat dilokasi UIN Aceh ini, saat ini benar – benar sepi dan mencekam,itulah bikin saya menangis.

Tambahnya, Selain tidak ikut serta orang tua/ wali juga tidak dibenarkan melakukan foto bersama, begitu juga dengan diluar gedung tidak dibenarkan memasang papan bunga, tidak ada dagangan atau penjual makan yang masuk ke kampus, hal tersebut untuk menghindari kerumuman dan melanggar protokol kesehatan tutur Ainsyah warga Banda Aceh dengan mata memerah.

Baca Juga :   Warung Delapan-Delapan Sempurnakan Geliat Pengembangan KEK Pariwisata

“Lihat sendiri pak, Seru Pak Warul, Mari kita lihat kiri dan kanan terlihat jelas hanya ada beberapa orang tua/wali yang mendampingi anaknya selesai acara itupun mereka orang tua sekitar Banda Aceh ini, Memang saat beda acara wisuda di suasana masa pandemi Covid -19 ini dimana para wisuda berangkat sendiri dari rumah, ambil toga sendiri, semua dilakukan sendiri, pulangpun juga sendiri. Tidak ada keluarga yang ikut merayakan kelulusan gelar Sarjana, jawabnya pada tewenews di saat memantau situasi dilokasi kampus UIN Aceh.

Baca Juga :   Jaga Keutuhan NKRI, Danramil 02/Matraman Bekali Para Pelajar Dengan Pemahaman Wasbang Terpusat

Rektor UIN Ar-Raniry Aceh Prof.Dr,H. Warul Walidin,AK,MA. Wisuda/i UIN Aceh Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 ini meluluskan 13 orang doktor, 84 orang magister dan 1625 orang sarjana. Sementara sesi wisuda dibagi dalam tiga hari dan berakhir pada Rabu (25/11/2020) mendatang.

“Wisuda dilakukan dengan dua model. Adapun peserta yang mendaftar secara daring (online) berjumlah 474 orang, sementara yang mendaftar secara Luring (offline) berjumlah 900 orang. Serta yang tidak mendaftar dalam dua model pelaksanaan wisuda tersebut berjumlah 346 orang lagi, hal tersebut untuk menghindari kerumuman dan melanggar protokol kesehatan,” Pungkas Rektor UIN Aceh ini. (mz aceh)