Polda Kalteng Vicon Bersama Kapolri Tindaklanjuti Perintah Presiden Terkait Penanggulangan Bencana Alam dan Karhutla

oleh -14 views

TEWENEWS, Polda Kalteng – Setelah kemarin, Senin (22/2/2021) siang, Kapolri bersama Kapolda jajarannya mengikuti arahan Presiden RI Ir Joko Widodo di Istana Negara. Hari ini, Kapolri menindaklanjutinya dengan menggelar video conference (Vicon) yang diikuti Polda se-Indonesia, Selasa (23/2/2021) siang.

Polda Kalteng sendiri, mengikuti Vicon tersebut dari Aula Mandau Telabang Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, dipimpin Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M melalui Wakapolda Brigjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, M.M dan diikuti pejabat utama.

Dalam arahannya, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menegaskan, Presiden Joko Widodo memerintahkan Polri untuk berperan aktif dalam menanggulangi bencana alam, seperti banjir.

“Kesiapsiagaan Polri dalam menanggulangii bencana alam seperti banjir yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia harus semakin ditingkatkan,” kata Kapolri.

Ditambahkannya, sinergitas antara instansi terkait dalam menangani banjir dan membantu evakuasi korban juga menjadi salah satu fokus yang harus ditindaklanjuti.

Disamping itu, Kapolri juga membahas tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang biasanya terjadi pada musim kemarau di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

“Kepada Polda jajaran, agar sejak dini dan masiv melakukan upaya pencegahan terhadap Karhutla dengan bersinegri dengan instansi terkait, sesuai dengan arahan yang disampaikan presiden kemarin” tuturnya.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H., menyampaikan, wilayah hukum Polda Kalteng adalah daerah yang rawan terjadinya Karhutla.

“Terkait hal tersebut, Polda Kalteng bersama Polres jajaran akan meningkatkan upaya pencegahan Karhutla bersama TNI dan pemerintah daerah,” terang Eko.

Kabidhumas berharap, upaya yang akan dilakukan Polda Kalteng dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.(dk/sam)