47 mahasiswa STIE-DD Buntok Laksanakan KKN

oleh -20 views

TEWENEWS, Buntok – Sebanyak 47 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai (STIE-DD) Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 1 bulan mulai dari 12 Juli – 12 Agustus 2021.

“Kegiatan KKN ini mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok dengan 4 program yang akan dilaksanakan yakni, bidang pemerintahan, ekonomi dan kewirausahaan, pendidikan, serta sosial budaya masyarakat,” kata Ketua STIE-DD H Lisawanto SE MAP kepada awak media usai pelepasan mahasiswa KKN, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa merupakan implementasi proses pembelajaran di Kampus dan dilanjutkan dennen Praktek di lapangan, mahasiswa melaksanakan kegiatan siklus manajemen, misalnya mulai dari Perencanaan kegiatan(Pembagian tugas Kelompok, Menentukan waktu/jadwal kegiatan, membagi waktu Pelaksanaan, mengukur tingkat efesiensi waktu yang tersedia), melaksanakan praktek Pendidikan untuk Sekolah Dasar.

Baca Juga :   Unit Provost Polsek Kurun Laksanakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kepada Personel.

“Kelompok KKN mahasiswa membagi anggota kelompok dengan tugas yang berbeda, ada yang menjadi Guru di dopant Siswa, ada yang melakukan penilaian terhadap Responsipitas Siswa terhadap materi yang disampaikan, ada yang, ada yang mengukur tinkgkat daya serap/pemahaman siswa terhadap materi. Serta membuat laporan pelaksanaan yang berisikan output dan outcome kegiatan”, ungkap Lisawanto.

Baca Juga :   Mencegah Terjadinya Gangguan Kamtibmas, Polsek Mantangai Lakukan Patroli Di Jam Rawan

Program yang berhubungan Kesehatan ibu dan Anak (Stunting) pertama mahasiswa membuat perencanaan kegiatan diwilayah lokasi terdapatnya bayi yang megalami kekurangan Gizi, setelah didapat data valid dari Poskesmas wilayah KKN, maka akan dilakukan edukasi terhadap meningkatan Gizi ibu dan Anak pada masa pertumbuhan, dan pada ahir masa praktek dilakukan kembali pertemuan dengan ibu dan Anak, guna evaluasi dan monitoring kembali terhadap edukasi dan bimbingan yang dilakukan.

Baca Juga :   Patroli Malam, Aipda Didik Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

Untuk mengukur dampak bimbingan selama KKN, hasil evaluasi dilaporkan dalam bentik laporan KKN, demikian juga terhadap beberapa program ketiatan yang lain, seperti Program Kegiatan Pembinaan untuk kegiatan Kewirausahaan, kepada Ibu Rumah Tangga Atau Usaha Kecil Mikro (UKM), jelasnya.

“Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat didaerah lokasi KKN dan sekolah tinggi STIE-DD dalam rangka penerapan ilmu dimasyarakat”, pungkasnya. (Ahmad/Red).