Akar Bajakah Viral, Ternyata di Muara Teweh Sudah Ada Sejak Lama

oleh -130 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pulau Kalimantan yang dikenal sebagai paru-paru dunia, mempunyai wilayah hutan yang luas. Luasnya wilayah hutan yang ada, pulau kalimantan mempunyai kekayaan hayati yang banyak, mulai dari hewan hingga rempah-rempah. Salah satunya di Kalimantan Tengah.

Kalimantan Tengah baru-baru ini dihebohkan dengan viralnya akar bajakah yang ramai diberitakan media-media TV dan Online yang memberitakan di Ibukota Provinsi berkat penghargaan yang diterima oleh beberapa siswi SMA di Palangka Raya. Ternyata, bukan hanya di Palangka Raya di Kabupaten Barito Utara pun akar bajakah sudah lama di kenal.

Baca Juga :   Polsek Pulau Petak Berikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru

Seperti yang diungkapkan oleh Murdani yang merupakan pemilik Gerai Murdianto yang menjual berbagai akar-akar, pernak-pernik serta oleh-oleh khas Kabupaten Barito Utara.

Murdani mengungkapkan, di Barito Utara banyak tumbuh akar bajakah atau dalam bahasa sini bakah di hutan kita, ,” Bajakah ada yang beracun dan ada yang bermanfaat jadi kita harus berhati-hati dalam mengambilnya,” katanya kepada wartawan tewenews.com belum lama ini.

Baca Juga :   Kemenag Kota Gelar Dialog Agama

Dia juga menambahkan sebelum viralnya akar bajakah inipun kami sudah ada menjual akar bajakah tersebut ,namun belum banyak yang tau kalau di tempat kami juga menjual akar bajakah.

Terkait Gerai yang dimilikinya, kurang lebih 1 tahun yang lalu didirikan. Namun Murdianto sendiri ,sudah menjual akar-akar sejak 30 tahun yang lalu. Bukan hanya dari kalangan masyarakat umum, dari kalangan pemerintah, Polres, Polsek hingga Kejaksaan pun pernah mengunjungi gerainya. Izin-izin yang dimilikinya pun lengkap, seperti yang ditunjukkan ke wartawan tewenews.com

Baca Juga :   Giat sosialisasi saber pungli pospol Tumbang Darap Polsek Seruyan Hulu

Gerai yang dimilikinya pun cukup mudah diakses, cukup diakses kurang lebih 15 menit dari pusat kota. Galeri Murdani sendiri beralamat di jalan Cempaka Raya (gunung) No 9 Kelurahan Jambu,(Anang F)