Aksi Rizal Mencuri di Sebuah Konter Hp di Muara Teweh Terekam CCTV, Hukuman 7 Tahun Penjara Menantinya

oleh -475 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Sebuah konter Handphone (HP) MG Store di jalan Tumenggung Surapati, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diobok-obok maling. Sebanyak enam unit HP merk Oppo berhasil dikuras. Pelaku juga sempat terekam CCTV.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kesuma, di wakili Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang menceritakan, aksi pencurian itu pertama kali diketahui terjadi pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 pukul 00.20 WIB. Hp yang diletakkan di dalam kunter atau etalase kaca, tidak ada lagi pada tempatnya alias hilang.

” Berdasarkan hasil olah TKP dan analisa rekaman CCTV, diduga pelaku pencurian HP di Toko MG Store adalah tersangka M. Gianno Rizal alias Rizal (21 tahun), alamat Desa Lemo II, Rt 002, Kecamatan Teweh Tengah,” kata Kristanto, Rabu (15/04/2020).

Atas kejadian tersebut di jelaskan Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang, korban Andri Heryadi (19 tahun) mengalami kerugian sekitar Rp 15 Juta, karena kehilangan satu unit HP merk Oppo A5 Ram 3 GB warna putih, satu unit HP merk Oppo A5 Ram 4 GB warna hitam, satu unit HP merk Oppo A31 warna hitam, satu unit HP merk Oppo A31 warna putih dan satu unit HP merk Oppo A5S warna merah.

Atas peristiwa tersebut, Unit Buser Sat Reskrim Polres Barito Utara, melakukan penyelidikan mengenai domisili dan profil tersangka Rizal. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa tersangka berdomisili di Desa Lemo II, RT. 02.

” Namun sejak peristiwa pencurian tersebut terjadi, Rizal tidak pernah pulang ke rumahnya dan menurut informasi ia melarikan diri ke wilayah Kota Waringin Timur atau ke Banjarmasin,” ungkap Kristanto.

Kemudian pada hari Selasa tanggal 14 April 2020, didapat informasi bahwa Rizal telah kembali di rumah orang tuanya di Desa Lemo II.

Selanjutnya tutur Kasat Reskrim, Unit Buser beserta anggota Unit Pidum Satreskrim Polres Barut berangkat menuju Desa Lemo II dan berhasil menangkap Rizal pada saat sedang bermain bola di lapangan sepak bola di Desa Lemo II, pada hari Selasa tanggal 14 April 2020 pukul 16.30 WIB.

” Setelah dilakukan pemeriksaan Rizal mengakui pebuatannya telah melakukan pencurian enam unit HP Merk Oppo berbagai tipe di konter MG Store pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 sekira jam 00.20 WIB,” imbuhnya.

Tersangka Rizal melakukan pencurian hanya sendiri ungkap Kristanto, ia melakukan perbuatannya tanpa bantuan dari orang lain. HP hasil curian tersebut telah dijual dan sebagian digadaikan kepada orang lain. Dari enam unit HP yang dicuri, telah berhasil ditemukan dan disita oleh Penyidik sebanyak lima unit.

” Adapun Pasal yang disangkakan kepada Rizal kita terapkan Pasal 363 KUH Pidana, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun kurungan penjara,” pungaksnya.(Tim).