Anggota DPRD dan Ketua PKK Barim, Kunker ke Desa Jaar

oleh -45 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Bartim, Munita Mustika Dewi, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) Kedesa Jaar Kecamatan Dusun Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Jaar, Senin (21/1/2019).

Kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka sosialisasi manajemen agribisnis usaha tani kepada 30 peserta kelompok tani. Dan diharapkan penyuluh pertanian dapat bekerja maksimal dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat tani agar lebih produktif terutama pemanfaatan lahan pekarangan di wilayah Desa Jaar.

Dalam sambutannya, Munita Mustika Dewi selaku ketua penggerak PKK kabupaten Barito Timur Kalteng, terus memotivasi kepada para kelompok wanita tani, PKK , kelompok tani dan penyuluh pertanian di kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur.

Baca Juga :   Diduga Ada Money Politik, Calon Kades Terpilih Desa Ramania Dilaporkan Saingan ke Panawas Pilkades

“Yang lebih penting dari itu adalah bagaimana tiap penyuluh dapat mendampingi Kelompok Tani dalam penerapan teknologi,” ujar anggota DPRD Bartim dari Fraksi PKPI.

Menurut anggota DPRD Kabupaten Barito Timur yang juga sekaligus ketua TIM penggerak PKK kabupaten Barito Timur, meski inovasi teknologi pertanian sudah tersedia, termasuk didalamnya pengolahan hasil pertanian namun, jika tidak diimplementasikan dengan baik dan benar, semua itu tidak ada gunanya.

“Disinilah peran semua penyuluh bersinergi dengan jajaran babinsa, babinkamtibmas untuk mendampingi masyarakat terutama kelompok tani dan Kelompok wanita tani,” jelas Istri Bupati Bartim Ampera AY Mebas.

Baca Juga :   Distanakan Bartim Imbau Peternak Hewan Agar Jangan Menjual Hewan Sakit dan Hamil

Disisi lain, lanjut ketua penggerak PKK kabupaten Barito Timur, profesi masyarakat Barito Timur masih dominan bertumpu pada sektor pertanian, yakni mayoritas masyarakat Barito Timur sebagai petani, sehingga dibutuhkan kemajuan di sektor pertanian yang bersinergi dengan dinas pertanian .

“Lewat kesempatan ini, saya mengajak seluruh penyuluh pertanian dan kelompok tani untuk dapat saling mendukung, sehingga peran-peran kita semua akan dapat lebih maksimal,” pungkas wanita cantik yang ramah ini.

Sementara itu, Kepala Desa Jaar, Arponi mengatakan, peningkatan kelembagaan ditingkat petani dengan cara membimbing petani serta meningkatkan kualitas kelompok tani, sangat diharapkan melalui bimbingan tekhnis dari penyuluh pertanian.

Baca Juga :   Masyarakat Bartim Diharap Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, Semoga dengan dilakukanya sosialisasi, para petani bisa memperoleh pengetahuan terkait tata cara bertani dengan benar. Sehingga hasil panenya nanti bisa lebih meningkat,” ujar Kades.

Ditempat lain, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bartim Ir. Riza Rahmadi, MM, berpesan kepada penyuluh yang tugasnya sebagai pendamping para petani, agar penerapan teknologi dalam bidang pertanian dapat dimaksimalkan.

“Itu bertujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terhadap para petani terutama dalam hal Pengolahan Hasil Pertanian. Sehingga hasil panen para petani bisa terus meningkat karena sudah tau bagaimana bertani dengan baik dan benar,” ujar Kadis Pertanian Bartim. (TWN5)