Anggota Tim Satops Patnal Lapas dan Bapas Muara Teweh Dikukuhkan

oleh -60 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Muara Teweh, Akhmad Herriansyah mengukuhkan Anggota Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Teweh dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Muara Teweh. Senin, (08/0/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Pengayoman Lapas Muara Teweh tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah Nomor : W.17-UM.01.01-240 tanggal 29 Januari 2021 tentang Upacara Pengukuhan Anggota TIM Satops Patnal PAS Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Sebelum dikukuhkan oleh Pembina Upacara, seluruh anggota Tim Satops Patnal Lapas dan Bapas terlebih dahulu mengucapkan ikrar secara serentak kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan yang ditandai dengan pemasangan handband kepada perwakilan Anggota Tim Satops Patnal Lapas dan Bapas Muara Teweh.

Kalapas Muara Teweh, Akhmad Herriansyah selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa kita sebagai petugas Pemasyarakatan memiliki tugas yang sangat banyak jika dijabarkan.

“Akan tetapi jika ditarik garis besarnya kita akan memperoleh 4 (empat) tugas utama kita sebagai Petugas Pemasyarakatan diantaranya, mencegah pelarian, mencegah terjadinya kericuhan, menjaga peri kehidupan warga binaan di dalam Lapas dan menjaga keutuhan lingkungan kantor,” tuturnya.

Herri, juga berpesan kepada anggota Tim Satops Patnal yang baru saja dikukuhkan untuk hindari dan jauhi narkoba karena itu akan merusak dan mempermalukan diri kita pribadi dan instansi tempat kita bekerja. Lakukan deteksi dini secara rutin dan berkala untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan selalu bersinergi bersama Aparatur Penegak Hukum (APH) terutama dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Tiga point ini jika kita laksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, niscaya Lapas dan Bapas Muara Teweh selama aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP) Lapas Muara Teweh, Slamet Sugianto selaku ketua Tim Satops Patnal bersama seluruh anggotanya berjanji untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan penuh tanggung jawab.

“Kami bersama tim siap menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan yang telah diikrarkan serta sesuai petunjuk dan perintah pimpinan,” janjinya.

Secara keseluruhan proses Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Tim Satops Patnal Lapas dan Bapas Muara Teweh berjalan dengan lancar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabapas Muara Teweh, Asmuri dan para pejabat struktural dan staf Lapas dan Bapas Muara Teweh.

(TWN2)