Antisipasi Banjir, Pemkab Barut akan Pasang Pompa Air di Sungai Bengaris

oleh -157 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) rencanakan memasang pompa air di aliran sungai Bengaris Muara Teweh. Rencana pemasangan mesin pompa ini dilakukan dalam rangka mencegah dan mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu terlebih dimusim hujan.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Kadis PUPR M Iman Topik, Plt Kepala Dinas Kominfosandi, Kabid SDA Dinas PUPR, Direktur PDAM dan beberapa kepala perangkat daerah Barito Utara melakukan pengecekan langsung area aliran sungai Bengaris yang berada di belakang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Utara untuk menentukan lokasi pemasangan pompa air dan juga beberapa sarana pendukung lainnya.

Bupati Nadalsyah meminta kepada Dinas PUPR Barito Utara untuk dapat melakukan pemasangan pompa air di aliran sungai Bengaris secepat mungkin agar nantinya dapat dipergunakan untuk mengantisipasi bencana banjir terlebih wilayah area sungai Bengaris.

“Pemasangan pompa air ini nantinya direncanakan untuk mengantisipasi banjir yang biasa terjadi di karenakan air yang banyak tertampung diareal sungai Bengaris ini serta curah hujan yang tinggi ketika wilayah kita dilanda musim penghujan” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik melalui Kabid SDA, Jalaludin dalam tinjauannya juga menyampaikan bahwa akan menindaklanjuti arahan Bupati Barito Utara H Nadalsyah untuk memasang pompa air di area sungai Bengaris yang sudah ditentukan titiknya sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi banjir terlebih dimusim penghujan nantinya.

“Akan segera kita laksanakan apa yang sudah diperintahkan Bupati Barito Utara H Nadalsyah. Hal ini juga sebagai antisipasi banjir di alisan sungai Bengaris,” kata Jalaludin.

(TWN2/Tim)