Antisipasi Berkembangnya Nyamuk DBD, Babinsa Dampingi Kader PSN Bersihkan Sarang Nyamuk

oleh -42 views

TEWENEWS, Cilacap – Babinsa Kelurahan Lomanis Koramil 01/Cilacap Sertu Catur Pambudi melaksanakan pendampingan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Demam Berdarah yang dilakukan Puskesmas Cilacap Tengah 1 di wilayah RW 01 hingga RW 06 Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah, Sabtu (8/2).

Kegiatan ini disaksikan langsung Lurah Lomanis Erma Suyanto,S.Sos beserta perangkatnya, Babinkamtibmas Aiptu Marsita,Wakil Puskesmas Cilacap Tengah 1 Sarjono dan Wartati, Bidan Lomanis Lenni P. dan para Kader PKK Kelurahan Lomanis.

Sarjono, selaku wakil dari Puskesmas Cilacap Tengah 1 menekankan kepada Kader PSN “Mustika DB” Lomanis, agar aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah ini dilaksanakan secara serentak. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai Nyamuk Demam Berdarah/Aides Aygepti. Dan yang paling utama di esekusi adalah jentik-jentik nyamuk yang berada di tempat yang tergenang air seperti Ban bekas, tempat minum burung, tempat dispenser dan lain sebagainya, ” katanya.

Baca Juga :   Peltu Kusna Hadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Cilacap Tentang Program STBM

Dia berharap kegiatan PSN serentak ini dilaksanakan 1 minggu sekali karena di tiap-tiap RW sudah di bentuk Kader PSN biar warga Lomanis khususnya tidak terkena atau aman dari gigitan nyamuk Demam Berdarah.

Baca Juga :   Pengambilan Sumpah dan Janji  Perangkat Desa Gandrungmanis, Ini Yang di Sampaikan Kades Rasimin

“Apabila pelaksanakan PSN hari Sabtu semua sekelurahan Lomanis hari Sabtu semua, karena dengan adanya aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk secara serentak akan memutus mata rantai Nyamuk Demam Berdarah atau Aides Aygepti,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, selaku Babinsa Sertu Catur menambahkan bahwa aksi pencegahan DBD yang efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus yaitu Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. “Apabila hal ini terus dilakukan, saya yakin wilayah ini akan terbebas dari yang namanya Demam Berdarah, ” ucap Sertu Catur.

Baca Juga :   Monitoring Wilayah, Babinsa dan Satgas Covid-19 Adipala Salurkan Bantuan Sembako

Selanjutnya, Petugas dari Puskesmas bersama para Kader PSN didampingi Babinsa memeriksa satu persatu rumah yang ada di wilayah RW 01 hingga RW 06. Diantaranya bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.(Totong/Urip)