Antisipasi Gagal Panen, Babinsa Cilempuyang Bantu Petani Mengairi Sawah

oleh -47 views

TEWENEWS, Cilacap – Babinsa Cilempuyang Koramil 14 Cimanggu Sertu Carnoyo melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), dengan warga binaannya. Komsos tersebut, dilakukannya dengan membantu mengairi lahan persawahan para petani di Desa Cilempuyang, Kecamatan Cimanggu Timur, Kamis (04/07/2019).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian babinsa terhadap warga binaannya dimana kekeringan yang terjadi saat ini yang diakibatkan musim kemarau, menyebabkan beberapa area persawahan petani mengering. Hal itu tentunya akan mengancam tanaman padi milik petani.

Baca Juga :   Pesantren Ummulqura Indonesia Laksanakan Wisuda Perdana 52 Santri

“Mereka khawatir gagal panen, sebab sudah lama hujan tidak turun, yang mengakibatkan lahan persawahan mereka mulai mengering,” terang Anggota Koramil 14 Cimanggu tersebut.

Sertu Carnoyo menjelaskan, bahwa saat ini sejumlah irigasi di daerah tersebut belum berjalan, yang mengakibatkan banyak aliran sungai yang mulai mengering.
Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan lahan persawahan para petani bisa ikut mengering, dan mengakibatkan seluruh tanaman milik petani mati.

Baca Juga :   Walikota Jakarta Barat Resmikan Yayasan Next Masyarakat Palmerah Saat Hadiri Buka Puasa dan Santunan Akbar

Untuk menyelamatkan nasib petani dari musibah gagal panen, Sertu Carnoyo bersama petani pun berinisiatif untuk menyedot air dari dalam tanah dan sungai-sungai yang ada, dengan menggunakan mesin penyedot air.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Covid-19 Satpolairud Polres Kotim Bagikan Masker Ke Masyarakat

“Alhamdulillah air sungai masih menyisakan sedikit air sehingga bisa kita sedot untuk mengairi sawah, semoga dapat menyelamatkan petani dari gagal panen, ” kata Sertu Carnoyo senang.(Totong/Urip)