Antisipasi Virus Corona, LP Muara Teweh Sediakan Layanan Kunjungan Online Berbasis Video Call

TEWENEWS, Muara Teweh – Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penularan Corona Virus Disease (Covid-19), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh menyediakan Layanan Kunjungan Online berbasis Video Call bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk dapat berinteraksi langsung dengan keluarganya dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp (WA) yang berlangsung di Ruang Kunjungan Lapas Muara Teweh.

Layanan ini tidak hanya dilakukan selama pemerintah mengistruksikan social distancing, tetapi akan berlangsung sampai dengan seterusnya. Ini merupakan sebuah Inovasi di Lapas Muara Teweh dalam hal layanan kunjungan.

Kepala Lapas Muara Teweh, Sarwito, menyebutkan bahwa Layanan Kunjungan Online ini merupakan jawaban dan solusi untuk mencegah dan menanggulangi penularan Covid-19, serta  merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada publik.

“Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dan  menyikapi Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : SEK-02.OT.02.02.Tahun 2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Intruksi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Plt. Dirjen Pas) Nomor : PAS-08.OT.02.02. Tahun 2020 tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan juga selaras dengan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” tegas Sarwito, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga :   KPUD Barut Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan Surat Suara di Lapas Muara Teweh

Layanan ini dibuka sesuai dengan jadwal kunjungan pada umumnya yaitu, Hari Senin, Rabu dan Sabtu untuk Narapidana serta Hari Selasa dan Kamis untuk Tahanan dan diawasi langsung oleh petugas Ruang Kunjungan.

Proses layanan ini pun sangat mudah, WBP mengambil nomor antrian ke petugas ruang kunjungan, kemudian akan dipanggil oleh petugas sesuai dengan urutannya dan mendata nama  WBP, nama keluarga yang dihubungi dan nomor HPnya. WBP dapat menggunakan fasilitas ini dengan cuma-cuma (GRATIS) dan hanya diberikan waktu Video Call selama 5 menit mengingat jumlah WBP di Lapas Muara Teweh mencapai 345 orang.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya layanan kunjungan online ini, saya jadi bisa melihat keadaan keluarga dan melepas rindu meskipun via Video Call” ungkap Hariadi, salah satu WBP Lapas Muara Teweh.(Twn2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: