Bahas Kualitas Pertanian, DPRD Barito Timur Gelar Rapat Kerja Bersama

oleh -12 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Bahas peningkatan kualitas pertanian DPRD Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, mengelar rapat kerja bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distankep).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Barito Timur, Depe, SE dan diikuti Anggota DPRD tampak hadir Kepala Dinas Distankep, Trikorianto bersama jajarannya, Rabu 9 Juni 2021.

Wakil Ketua II DPRD Bartim, menyampaikan “Pada rapat tadi kami meminta agar Distankep memiliki grand desain atau rancangan induk maupun peta yang memudahkan untuk mengetahui letak kawasan persawahan, perkebunan maupun kawasan perikanan”, ucapnya saat diwawancara usai rapat.

Baca Juga :   DPRD Bartim Terima Kunjungan Komisi I Dewan Kutai Kartanegara

Selanjutnya, lanjut politisi Demokrat tersebut, permasalahan PPL (penyuluh pertanian lapangan), yaitu PPL harus dibekali dengan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia.

“Secara kelembagaan kami sepakat untuk meningkatkan kualitas pembangunan pertanian di Barito Timur, terutama untuk mendukung persiapan menjadi penyangga logistik pangan Ibu Kota Negara”, tambahnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Sinergitas dan Kemitraan, Bripka Hekrin Dialogis Bersama Warga

Kepala Distankep Barito Timur, Trikorianto menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan pendampingan yang dilakukan oleh DPRD untuk meningkatkan motivasi serta kinerja PPL.

“Kedepan akan diupayakan untuk peningkatan disiplin penyuluh dalam kegiatan rutin maupun pendampingan petani di kelompok, termasuk sinergitas penyuluh dengan pemerintah desa dalam hal pembangunan pertanian,” kata Trikorianto.

Menurutnya, selaras dengan keinginan DPRD, Bupati Barito Timur juga memberikan perhatian terkait penyediaan fasilitas kendaraan operasional yang memadai maupun kesejahteraan bagi PPL.

Baca Juga :   Ketua DPRD Bartim Harapkan MUI Kuatkan Bimbingan Kepada Masyarakat

“Kita menyadari bahwa APBD kita juga sangat terbatas, jadi fasilitas kendaraan, distankep akan melakukan inventarisasi kendaraan dinas roda dua yang rusak maupun yang penggunaannya tidak sesuai peruntukan agar diperbaiki dan digunakan penyuluh”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali)