Bakti Sosial Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Tagana Kabupaten Banyumas

oleh -89 views

TEWENEWS, Purwokerto  – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-15, TAGANA Kabupaten Banyumas menggelar Upacara Peringatan HUT TAGANA, Bakti Sosial dan TAGANA Masuk Sekolah pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 di pusatkan di Grumbul Karanggondang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam keterangan resminya Koordinator TAGANA Kabupaten Banyumas, Ady Candra, S.IP mengatakan bahwa Peringatan HUT TAGANA Ke-15 Tingkat Kab. Banyumas berbeda dengan dua tahun sebelumnya. “Dua tahun berturut – turut kami melaksanakan kegiatan di lingkungan Kantor Dinas Sosial, untuk tahun ini sesuai dengan arahan Kemensos, bahwa penyelenggaraan kegiatan diutamakan ujud kiprah nyata di lapangan, sehingga kami laksanakan di Bukit Gondang Grumbul Karanggondang Desa Sambirata Kecamatan Cilongok. Kami melaksanakan Penanaman Pohon dan TAGANA Masuk Sekolah di SD Negeri 2 Sambirata.

Baca Juga :   DPRD Bartim Turut Berpartisipasi Atas Kelancaran Oprasi Bibir Sumbing dan Celah Langit

Pihak sekolah sangat antusias siswa dan siswinya kedatangan TAGANA dan PRAMUKA Peduli KWARCAB Banyumas diberi materi praktek kebencanaan. Sehingga ada pemahaman bagi siswa bagaimana upaya menyelamatkan diri, sedangkan untuk Guru jadi tahu bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri dan muridnya manakala bencana terjadi. Tadi bertindak sebagai Instruktur dari TAGANA Banyumas, TAGANA Cilacap dan PRAMUKA Peduli KWARCAB Banyumas” ungkap Ady.

“Kegiatan TAGANA Masuk Sekolah memang sudah dicanangkan oleh Presiden RI di Pandeglang yang merupakan tindak lanjut MoU antara Kemensos RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga kami merasa terpanggil untuk segera mengawali kegiatan ini atas seijin Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan, meskipun sampai saat ini Petunjuk Teknis kegiatan belum sampai ke kami, tapi kami tidak latah untuk melaksanakan kegiatan TAGANA Masuk Sekolah.

Baca Juga :   Politisi Partai Perindo Minta Hentikan Tambak Garam Malaka

Buktinya sudah ada beberapa TAGANA Kabupaten lain melalui Dinas Sosial tentunya, sudah menyelenggarakan kegiatan TAGANA Masuk Sekolah. Setelah ini, kami akan merumuskan bersama dengan Pembina kami di Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas untuk menyamakan presepsi, materi apa yang harus diberikan kepada siswa dan siswi sebagai objek kegiatan TAGANA Masuk Sekolah yang disesuaikan dengan usia peserta didik” akhir Ady.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Kab. Banyumas Ir. Ariono, MT mewakili Bupati Banyumas yang dihadiri oleh Dinas LIngkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Perkebunan, PERUM PERHUTANI KPH Banyumas Timur, Komuitas Inyong Lan Rika, dan Staf serta Relawan BPBD Kab. Banyumas. Dalam upacara tersebut yang dilanjutkan dengan penanaman pohon diikuti oleh Anggota TAGANA Kab. Banyumas, Pemuda Pancasila PAC Cilongok, PRAMUKA MTs Ma’arif NU 2 Cilongok, RAPI CIPAKULARANG, Relawan Mahameru Watuagung dan KSB Mahameru Watuagung Tambak.

Baca Juga :   Patroli Rawan Sore Polsek Baamang Dalam Rangka Harkamtibmas dan himbauan Karhutla

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Darsono, mengatakan Bibit Pohon berjumlah 1.020 buah yang diperoleh dari DLH. Dispertanbun, PERHUTANI, PT. Sejahtera Alam Energy dan TAGANA Kab. Banyumas. “Untuk sumber dana kegiatan merupakan hasil swadaya murini Anggota TAGANA Kab. Banyumas, adapun untuk logistik dibantu oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DINSOSPERMASDES) Kab. Banyumas, serta bantuan sayur dari TAGANA Kab. Purbalingga. Serta ada partisipasi dari warga Dusun Karanggongang yang memprakarsai pertunjukan seni Kuda Lumping (ebeg) guna meramaikan kegiatan. Untuk itu saya atas nama Panitia mengucapkan terimakasih” pungkas Darsono.(Totong)