Bangkitkan Semangat Gotongroyong Desa Karangsari Cimanggu

oleh -147 views

TEWENEWS, Cilacap – Gotong royong merupakan salah satu budaya masyarakat Desa, yang seiring berjalannnya waktu budaya ini hampir luntur, masyarakat desa sudah mulai terpengaruhi budaya modern, tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap budaya ini semakin berkurang.

Pj. kepala Desa Karangsari Maryanto yang didampingi oleh perangkat desa darojat ojat mengatakan kepada warganya untuk mempertahankan budaya gotongroyong.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Jalan Rusak Parah Tak Kunjung Diperbaiki

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat untuk mempertahankan budaya ini dengan cara menumbuhkan kembali semangat gotong royong dengan mengajak seluruh warga masyarakat untuk selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Dengan menumbuhkan rasa Gotong royong ini di harapkan masyarakat lebih berdaya dan sejahtera, karena dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat.

Baca Juga :   Sebelum Pilpres Dana Bansos Akan di Cairkan Untuk Masyarakat Penerima Bantuan PKH Dan BPNT

Semangat gotong royong masyarakat desa karangsari kec.cimanggu kabupaten cilacap masih terjaga dalam setiap kegiatan yang dilakukan di desa karangsari, baik itu kegiatan pembangunan fasilitas umum, pemeliharaan lingkungan sekitar (ronda malam, kerjabakti membersihkan mesjid dan membrsihkan lingkungan sekitar,) menolong orang sakit.

Menurutnya Salah satu bukti nyata hal tersebut terlihat ketika melaksanakan kegiatan Gotong Royong membersihkan jalan kabupaten desa karangsari menuju desa kota bima kurang lebih sepanjang 4 KM yang diikuti kurang lebih 700 orang berbagai kalangan dari tokoh masyarakat,pemuda, para ibu ibu, kepala desa terpilih Asep juga ikut hadir dalam kegiatan kerja bakti tersebut.ungkap PJ kepala desa karangsari Maryanto.(Totong)