Bantu Pelajar dari Luar Kota, Dewan Minta Pemkab Barut Bangun Asrama di Muara Teweh

oleh -91 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Utara (Batara) H Tajeri meminta, Pemkab setempat segera membangun asrama bagi para pelajar dan mahasiswa dari desa atau daerah pedalaman.

“Hal itu dimaksudkan untuk membantu para pelajar atau mahasiswa dari daerah pedalaman terutama bagi masyarakat atau orang tua yang berpenghasilan rendah,” kata Tajeri, Minggu (1/11/2020) lalu.

Tajeri meminta pemerintah membangun asrama di Muara Teweh, karena berdasarkan aspirasi masyarakat di daerah pedalaman rata-rata menginginkan ada asrama pelajar dan mahasiswa.
Sementara daerah ini masih belum ada asrama yang dibangun oleh pemerintah daerah untuk para pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga :   Cegah Pungli, Bhabinkamtibmas Polsek Rungan Tingkatkan Sosialisasi Kepada Masyarakat.

“Banyak pelajar atau mahasiswa dari desa pedalaman yang melanjutkan pendidikan ke Muara Teweh, terpaksa ngontrak kos-kosan (Barak) maupun mencari tempat tinggal sewaan. Padahal hal ini bisa diatasi Pemkab,” terang Politisi Partai Gerindra ini.

Tajeri menyampaikan, bahwa pihaknya pernah mengusulkan kepada Pemkab agar dapat membangun asrama pelajar di Muara Teweh, karena pertimbangan semakin banyak putra-putri dari desa yang melanjutkan pendidikan di Muara Teweh. “Keberadaan asrama ini bisa menekan biaya pengeluaran para orang tua siswa dan mahasiswa,” ucapnya.

Baca Juga :   ari Libur Dimanfaatkan Personel KP.XVIII-1004 Ditpolairud Bagikan Masker Gratis dan Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba Kepada Pengguna Jasa Transportasi Air

Ia berharap Pemkab dapat menyediakan asrama ini selain membangun asrama mahasiswa di luar daerah seperti di provinsi maupun di kota-kota besar lainnya yang memiliki perguruan tinggi.

Barito Utara juga sudah punya perguruan tinggi lokal, sehingga semestinya Pemkab juga dapat memberi fasilitas serta keadilan bagi anak-anak pelajar dan mahasiswa dari desa-desa di pedalaman.

Pria yang juga seorang praktisi pendidikan ini menyampaikan, banyak alunmi perguruan tinggi Muara Teweh yang sukses sebagai birokrat maupun wiraswasta.

Baca Juga :   Polsek Sungai Sampit Kawal Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum

“Untuk itu saya berharap segera merealisasikan pembagunan asrama pelajar dan mahasiswa di Muara Teweh walaupun dilakukan secara bertahap, karena sektor pendidikan ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah termasuk pengadaan tempat tinggal pelajar mahasiswa,” pungkasnya.

(TWN2/Tim)