Bantuan Operasional Rumah Ibadah di Barito Timur Akan Segera Cair

oleh -78 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Tidak lama lagi bantuan untuk operasional rumah ibadah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah akan segera cair.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas SE, MM melaui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Bartim, Ahmad Gazali S. Pd. I, MM menyampaikan “Pada hari ini mulai dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang merupakan naskah perjanjian hibah dimana sumbernya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD)”, ucapnya, di Tamiang Layang, Rabu 21 Juli 2021.

Dilanjutkannya penndatangan NPHD merupakan proses untuk pencairan bantuan operasional rumah ibadah yang ada di Bartim.

“Untuk hari ini kita panggil 212 orang pengurus rumah ibadah sebagai tahap pertama, sedangkan sisanya nanti akan kami umumkan berikutnya”, ungkapnya.

Penandatangan hari ini untuk empat kecamatan, besok empat Kecamatan dan pada hari jumat dua Kecamatan.

“Setelah penandatanganan ini, ada proses yang perlu kami selesaikan, semakin cepat proses penandatanganan semakin cepat pula pencairannya”, jelas Gazali.

Menurutnya besaran operasional bervariasi, ada yang Rp. 8 Juta, Rp. 7 Juta ada juga yang Rp. 6 Juta sesuai dengan SK penetapan hasil verifikasi, untuk lebih dari 500 rumah ibadah se Bartim.

“Sedangkan untuk bantuan pembangunan rumah ibadah akan dilakukan pada tahap berikutnya, sevanyak 97 rumah ibadah”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).