Barito Putera Sukses Rebut Puncak Klasemen Liga 1 2018, Setelah Bungkam Sriwijaya FC

oleh -160 views

TEWENEWS, Banjarmasin – Barito Putera berhasil merebut tahta pemuncak klasemen sementara Liga 1 musim 2018 dari PSM Makassar usai membungkam Sriwijaya FC pada laga pekan ke-13.

Pada laga yang berlangsung di Stadion 13 Mei, Banjarmasin, Jumat (8/6), Barito Putera sukses menang dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan Laskar Antasari disumbangkan oleh Samsul Arif pada menit ke-34, Matias Cordoba (60′) dan Rizky Pora dari titik putih (71′).

Sementara gol semata wayang Laskar Wong Kito dicetak oleh Albeto Goncalves pada menit ke-90+2 (P). Peluang pertama pada laga hari ini hadir dari kubu Barito Putera. Sebuah serangan yang dirancang skuat Laskar Antasari dari sayap kiri dan bola jatuh di kaki Paulo Sitanggang di kotak penalti.

Sayang tembakan Paulo Sitanggang masih menyamping di sisi gawang. Patrich Wanggai nyaris mencetak gol bagi tim tamu pada menit ke-13. Berawal dari umpan crossing yang diberikan, Wanggai menguasai bola di sisi kiri kotak penalti.

Baca Juga :   Turnamen Sepak Bola Antar RT, Penonton Tumpah Ruah

Eks pemain timnas U-23 Indonesia ini lantas melewati satu pemain Barito Putera dan melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun, sepakannya masih bisa diantisipasi penjaga gawang Barito Putera, Adhitya Harlan.

Saat laga baru memasuki menit ke-21, bek asing Sriwijaya FC, Mahamadou N’Diaye, harus ditarik keluar digantikan oleh Alfin Tuasalamony karena menderita cedera.

Peluang emas kembali hadir di kubu tim tamu. Umpan silang hasil dari penetrasi Manuchekhr Dzhalilov di sisi kiri penyerangan gagal dimaksimalkan oleh Adam Alis yang berdiri tanpa pengawalan.

Bola sepakan eks pemain Arema FC ini masih melambung di atas gawang Barito Putera. Gol yang dinanti-nanti pendukung tim tuan rumah akhirnya hadir pada menit ke-34.

Baca Juga :   Djajang Nurjaman : Barito Akan Bermain All Out Untuk Memenangkan Pertandingan

Umpan silang yang dikirimkan Aaron Evans dari sisi kiri penyerangan berhasil disundul oleh Samsul Arif. Kiper Laskar Wong Kito, M Sandi gagal mengantisipiasi bola. Barito Putera unggul atas Sriwijaya FC dengan skor 1-0.

Saat babak kedua baru berjalan empat menit, Samsul Arif nyaris mencetak gol keduanya pada laga ini. Tendangan Samsul dari tepi kotak penalti gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Sriwijaya FC, namun Hamka Hamzah masih bisa membuang bola.

Pada menit ke-60, skuat Laskar Antasari berhasil menggandakan kedudukan. Penyerang asal Argentina, Matias Cordoba, melepaskan tendangan keras dari luar area kotak penalti.

Tembakan keras nan terarah itu gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Sriwijaya FC, skor 2-0 untuk Barito Putera.

Delapan menit berselang, skuat besutan Jacksen F Thiago kembali mendapat kesempatan untuk memperlebar jarak lewat titik putih. Wasit yang memimpin laga, Thoriq Alkatiri, menunjuk titik putih usai Hamka Hamzah dianggap menjatuhkan Paulo Sitanggang di dalam area kotak penalti.

Baca Juga :   Kades Mengeluh Anggaran Gajih Dipotong Lima Persen untuk BPJS Kesehatan

Rizky Pora yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tendangan kerasnya ke sudut gawang gagal diantisipasi oleh kiper Sriwijaya FC. Laskar Antasari semakin menjauh dengan keunggulan 3-0.

Menjelang berakhirnya laga, Sriwijaya FC berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Alberto Goncalves melalui titik putih. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, skor 3-1 bertahan untuk kemenangan Barito Putera.

Dengan hasil ini, Barito Putera sukses merebut posisi puncak klasemen dari PSM Makassar. Kini, Rizky Pora dkk bertengger di puncak klasemen dengan mengoleksi 23 poin dari 13 laga. Sementara Sriwijaya FC masih bertahan di peringkat keempat dengan raihan 19 poin.(Sumber: BolaSport.com)