Bartim, Canangkan Sembilan Desa dari Empat Kecamatan Sebagai Kampung KB

oleh -49 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim), telah mencanangkan Sembilan desa dari empat Kecamatan sebagai kampung keluarga berencana (KB). Acara tersebut dilaksanakan di Desa Ampah II Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Bartim, Selasa (2/10/2018).

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh mengatakan, pencanangan kampung KB tersebut merupakan kebijakan pembangunan nasional, hal tersebut selaras dengan visi – misi Kabupaten Barito Timur 2018 -2023.

Baca Juga :   Kuasa Hukum PPDI Sayangkan Saat Mediasi Pemkab Bartim Berikan Kuasa Pada Pengacara Negara

“Visi Kabupaten Bartim ialah, Terwujudnya Barito Timur Sehat, Cerdas, dan Sejahtera melaui Pemerintah yang Amanah,” Ucap Habib Said Abdul Saleh.

Dirinya menjelaskan, bahwa pencanangan Kampung KB pada desa-desa yang ada anak balitanya terpapar stunting, Artinya permasalahan ini ditanggapi secara cepat dan tepat berharap agar hasilnya nanti juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Sembilan desa ini sebagai sasaran Kampung KB dengan adanya balita terpapar stunting, namun ada juga Desa Ketab Kecamatan Pematang Karau termasuk dalam sasaran namun sudah dicanangkan pada tahun sebelumnya,” jelasnya.

Baca Juga :   Dewan Bartim, Paripurnakan Hasil Reses

Lelaki yang ramah itu menambahkan, kepada SOPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, PKK bahkan seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Barito Timur.

“Khususnya SOPD agar menganggarkan program kegiatannya pada lokasi desa sasaran Kampung KB ini secara bertahap dan berkelanjutan serta mamasukkan kedalam Rotmep Kampung KB,” tuturnya.

Tak hanya itu wakil Bupati Bartim ini juga berpesan kepada kepala dinas pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana agar mengawal pelaksanaan Rotmap Kampung KB yang nanti akan ditindaklanjuti oleh SOPD terkait.

Baca Juga :   Begini Target PKPI Bartim di Pemilu Legeslatif 2019

“Agar benar-benar terlaksana dan memberi manfaat bagi masyarakat, para camat dan kepala-kepala desa sasaran agar aktif terlibat dan memberikan dukungan dalam kegiatan Kampung KB,” Pungkasnya. (Budi).