Hubungi Kami

BARITO TIMUR

Bawaslu Bartim Gelar Bimtek Selama Tiga Hari

Published

on

TEWENEWS,Tamiang Layang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah  gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Hotel Indra Jaya  Tamiang Layang, selama tiga hari.

Komisioner Bawaslu Bartim divisi hukum, pelanggaran dan penindakan sengketa Dwi Darma Putra mengatakan, Bimtek yang dimulai dari tanggal 26 – 28 Maret 2019 kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Bartim bertujuan agar panwascam dan stafnya agar mampu meningkatkan kesiapan mereka, kemudian persamaan persepsi dalam pola penanganan dugaan pelanggaran Pemilu.

“Pemilu ini ada dua macam. Pertama adalah temuan-temuan yang merupakan hasil pengawasan oleh personil dilakukan Bawaslu terhadap pelanggaran. Dan kedua adalah dari pelaporan masyarakat, tentunya yang memiliki KTP elektronik atau yang terdaftar didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), selanjutnya dari parpol atau peserta Pemilu dan Pemantau Pemilu,” kata Dwi usai kegiatanb Bimtek.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan Panwascam, kemudian persamaan persepsi dalam pola penanganan dugaan pelanggaran Pemilu, kemudian 2 orang staf Panwascam, bertugas untuk menulis menerima suatu laporan, dari masyarakat maupun peserta Pemilu, untuk mengisi format yang harus diisi, yang memuat nama dan identitas pelapor.

Baca Juga :   SD Kartika X-5 Kalideres Belajar di Balik Kesuksesan Biskuit PT.Mayora Indah

“Selain itu, juga harus melengkapi sarat formil dan materia yang dilaporkan dan untuk sarat formil batas waktunya tidak lebih dari 7 hari sejak mereka mengetahui adanya dugaan pelanggaran, kemudian untuk syarat materil, yaitu kapan peristiwa itu terjadi, dimana, saksinya siapa dan buktinya, baik dalam bentuk fisik foto, maupun video ini yang harus diisi oleh staf sekretariat nantinya”tuturnya.

Sementara itu, Komesioner Panwascam Paju Epat Kasmanto mengatakan akan menjalankan amanah ini dengan sebaik baiknya.

“Kita akan bekerja dengan sebaik baiknya. Dan pastinya kami akan selalu netral. Semoga pemilu 2019 berjalan aman, lancar, kondusif dan sukses. Dan juga siapapun pemenangnya nanti semoga yang terbaik yang bisa mensejahterakan masyarakat,” harapnya.(TWN5)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian