Hubungi Kami

POLITIK

Bawaslu Malaka Meminta ASN dan Kepala Desa Agar Netral Dalam Pemilu

Published

on

TEWENEWS, Malaka – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malaka terus mengimbau dan mengingatkan para Aparatur Sipil Negara(ASN), Kepala Desa dan aparatur desa di Malaka, agar bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek mengatakan, pihaknya terus mengingatkan karena ASN, kepala desa, dan perangkat desa merupakan figur sentral yang ada di masyarakat sehingga perlu diingatkan agar tetap netral dalam pemilu 2019.

Menurut Piter Aparatur Sipil Negara (ASN), kepala desa dan aparatur desa merupakan pihak yang dilarang oleh ketentuan peraturan perundang-undangan untuk terlibat aktif dalam politik seperti menggerakan pemilih untuk mendukung paslon tertentu.

Kepada para pihak yang dilarang terutama ASN, kepala desa, dan perangkat desa diharapkan untuk tegas memposisikan diri, bersikap netral dan tidak mengambil bagian menjadi pelaksana, tim pemenangan,” kata Ketua Piter Manek.

ASN, kepala desa, dan perangkat desa tidak boleh mengambil keputusan dan/atau tindakan yang dapat menguntungkan salah satu peserta Pemilu pada Pemilihan Umum tahun 2019 di wilayah Kabupaten Malaka,.

Baca Juga :   PT. Maslapita, Peringati Hari Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja

Bawaslu mengingatkan mereka karena hal ini rentan terjadi di wilayah Kabupaten Malaka. Para ASN, kepala desa, dan perangkat desa merupakan figur sentral yang ada di masyarakat sehingga perlu kita ingatkan agar tetap netral.

Bawaslu berharap kepada mereka untuk menempatkan diri sesuai mandat peraturan perundang-undangan.

Tidak menjadi pelaksana, tidak mengambil bagian dalam tim pemenangan, melakukan penggiringan, mobilisasi massa menggunakan program pemerintah, membagikan/memasang Alat Peraga Kampanye.

Apabila ada ASN, kepala desa, aparatur desa ditemukan oleh Pengawas Pemilu atau dilaporkan masyarakat, Bawaslu tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas baik itu pidana maupun administratif.

Bawaslu sudah bersinergi dengan seluruh elemen dan mengembangkan pengawasan partisipatif untuk memantau ASN, kepala desa, aparatur desa di Kabupaten Malaka.

Bawaslu Malaka bersama jajaran sudah melakukan upaya pencegahan dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi dengan melibatkan seluruh stakeholder baik itu ditingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan.

Sosialisasi itu bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Malaka sehingga terwujudnya Pemilu yang demokratis, berkualitas, dan bermartabat. (Beres)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian