Belum Setahun Menjabat, Kades Sikan Sudah Banyak Membuat Perubahan Disegi Pembangunan.

oleh -101 views

TEWENEWS, Barito Utara – Pemerintah Desa Sikan Kecamatan Montallat Kabupataen Barito Utara, meski ditengah Pandemi Covid-19, tetap semangat untuk membangun desa. Walaupun kadesnya belum setahun menjabat setelah dipilih oleh masyarakat, namun banyak sekali perubahan disegi  pembangunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jalan yang dibangun memggunakan dana desa (DD) tahun 2020, jalan di ujung Desa Sikan menuju Kabupaten Barito Utara, jalan cor beton dengan panjang 170 meter lebar 3 meter, tinggi 20 centimeter, juga beberapa jalan lingkungan atau gang didesa dengan lebar 2 meter tinggi 15 centimeter.

Wely Pardian Chandra selaku Kades Sikan, kepada awak media menyampaikan untuk pembangunan jalan dan beberapa gang di Desa Sikan ini, merupakan anggaran pembangunan desa (APBDes) tahun 2019, karena jalan yang diujung desa merupakan akses satu-satunya masyarakat beraktifitas kerja ke perusahaan sawit, maupun menyadap karet yang ada didalam sungai Pandran.

“Karena jalan cor beton yang dikerjakan langsung oleh masyarakat diujung kampung desa sikan ini agak rusak, masyarakat sangat mengharapkan dengan pemerintah desa supaya jalan itu di banggun menggunakan cor beton, maka ditahun ini kami Pemerintah Desa Sikan  bisa mengerjakannya,” ujar Welly.

Ia berharap dengan masyarakat khususnya  pengguna jalan agar berhati-hati, dalam menggunakan jalan dan ikuti jalur jalan umum supaya menghindari kecelakaan yang tidak di inginkan.

“Untuk mengerjakan jalan ini, masyarakat langsung dengan sistem gotong-royong. Yang mengerjakan sekitar 40 hingga 50 orang perhari, dan sorenya upah mereka langsung dibayarkan oleh bendahara desa,” ungkap Kades Sikan ini.(ASMANSYAH).