Bertambah Satu Orang Lagi Terpapar COVID – 19 dari Tampa, Kini Kecamatan Paku Jadi Zona Merah

oleh -688 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Positif Corona Virus Disease 2019 (COVID -19) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, hari ini bertambah satu orang, kali ini dari desa Tampa kecamatan Paku, otomatis kecamatan Paku menjadi zona merah yang sebelumnya masih putih.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan COVID – 19 Suprayogi SE, MT menjelaskan melalui konfrensi persnya melalui aplikasi PDF via grup Whatsapp.

“Hari ini ada penambahan positif COVID – 19 satu orang, dari kecamatan Paku. Sebelum ini kecamatan Paku tidak ada kasus” , ucapnya Via grup WhatshApp, Jumat (31/07/2020).

Ditambahkan Plt. Kepala Dinas Kominfo Bartim tersebut, Total kasus positif COVID – 19 di Bartim secara kumulatif berjumlah 46 kasus, dengan rincian 19 orang dalam Perawatan, Sembuh 26 orang, Meninggal Dunia 1 orang.

“Sedangkan kasus Suspek 5 orang dan Probable hari ini nihil”, lanjut Suprayogi.

Untuk kita semua, kawan, sahabat keluarga dan semua warga di Bartim jangan panik, tetap waspada, terapkan protokol pencegahan COVID – 19, dengan lebih disiplin dan ketat baik di tempat kerja, pasar, rumah ibadah, dan di pelayanan umum.

Bagi keluarga yang diluar kota kami juga rindu tapi tolong jangan pulang dulu “Tidak menerima oleh – oleh virus dari kota”, lanjutnya.

Virus itu diam, tapi kita yang jalan-jalan, waktunya saling menyuarakan bukan saling menyalahkan.

Bersama pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, mari kita bersama – sama untuk lebih mendisiplinkan diri dan keluarga dalam mencegah dan memutus mata rantai COVID – 19 dari wilayah kita, dengan selalu mematuhi protokol pencegahannya.

Untuk semua rumah – rumah ibadah, kepada seluruh jemaahnya wajib untuk mengikuti protokol atu syarat – syarat pencegahan COVID – 19 yang telah ditetapkan tiap rumah ibadahnya demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Dirumah saja kalau tidak ada keperluan mendesak, selalu cuci tangan pakai sabun, selalu sedia handsanitizer, selalu gunakan masker, jaga jarak saat berkomunikasi (1,5 – 2 meter), hindari kerumunan, hindari bersalaman dan segera mandi begitu kembali ke rumah.

Menjalani pola hidup sehat, disamping itu semua, mari berdo’a semoga wabah segera berlalu dari “Gumi Jari Janang Kalalawah “dan keluarga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk Data Distribusi COVID – 19 dari 10 Kecamatan wilayah Bartim, untuk empat kecamatan masih putih atau tidak ada kasus, yakni Kecamatan Karusen Janang, Paju Epat, Raren Batuah dan kecamatan Awang.

Sedangkan Kecamatan Dusun Tengah jumlah kasus positif kumulatif 20 orang, kasus sembuh 16 orang, dalam Perawatan 4 orang. Kecamatan Petangkep Tutui jumlah kasus positif, 1 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kecamatan Benua Lima jumlah kasus positif 4 orang, sembuh 3 orang, masih dalam Perawatan 1 orang. Kecamatan Dusun Timur jumlah kasus positif 17 orang, sembuh 5 orang, masih dalam Perawatan 12 orang.

Kecamatan Pematang Karau jumlah kasus positif 3 orang, meninggal 1 orang, sembuh 1 orang dan dalam perawatan 1 orang. Kecamatan Paku jumlah kasus positif 1 orang dan masih dalam Perawatan. (Ahmad Fahrizali).