BPP Paju Epat Lakukan Pendataan Penggilingan Padi

oleh -33 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Paju Epat kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, lakukan pendataan rice milling unit atau penggilingan padi Kelompok Tani (Poktan) di wilayah kerjanya.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim mengatakan “Pendataan ini kami lakukan sebagai bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan di Bartim”, ucapnya, jumat (24/04/2020)

Pengecekan penggilingan padi ini juga dilakukan sebagai bentuk keseriusan BPP Paju Epat dalam upaya menyediakan beras untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

pendataan juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran jumlah stok gabah dan beras di penggilingan secara periodik setiap minggu atau setiap bulan, untuk menyediakan informasi bagi pemerintah tentang stok pangan, jelas Lukmanul.

Selain itu pihaknya juga melakukan pendampingan, pengecekan, serta pendataan penggilingan padi yang ada di Desa Balawa dan Desa Siong, kecamatan Paju Epat, ntuk mengetahui kesiapannya untuk masa panen.

Sementara itu penyuluh pertanian Manulun menjelaskan selain pedataan penggilingan padi, pihaknya juga mendampingi petani agar padi yang siap dipanen segera dipanen dan diusahakan serentak.

Ditambahkannya, kegiatan pendampingan ini merupakan hal yang rutin di kami lakukan termasuk penyuluhan pertanian, sosialisasi, pemilihan bibit padi, pengolahan lahan, penaburan benih, pencabutan bibit, penanaman, pemupukan, pembersihan gulma, penyemprotan, sampai kegiatan pemanenan dan pasca panen, pungkasnya (Ahmad Fahrizali).