Bupati Ampera Hadiri Kegiatan Penerimaan LPE SAKIP di Inaya Putri Bali

TEWENEWS, Tamiang Layang – Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, turut hadir dalam penerimaan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), untuk pemerintah provinsi/kabupaten/kota Wilayah II dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi 161 pemerintah kabupaten/kota wilayah II yang meliputi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung. Acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan SAKIP yang bertajuk SAKIP Award 2019 Making Changes Making History itu berlangsung Senin (27/1/20) di Inaya Putri Bali.

Dalam sambutannya, Deputi KemenPANRB, M. Yusuf menyampaikan bahwa hasil perolehan SAKIP provinsi untuk tahun 2019 yakni 1 provinsi dengan kategori AA, 4 provinsi dengan kategori A, 6 provinsi dengan kategori BB, 22 provinsi dengan kategori B, dan 1 provinsi dengan kategori CC

Sedangkan untuk Kabupaten/kota yakni 10 daerah dengan kategori A, 54 daerah dengan kategori BB, 220 daerah dengan kategori B, 130 daerah dengan kategori CC, 87 daerah dengan kategori C, dan 5 daerah dengan kategori D.

Baca Juga :   Kades Bambulung, Uliadi Selalu Dekat Dengan Warganya

Secara rata-rata, nilai SAKIP kabupaten/kota dan provinsi mengalami peningkatan. Nilai rata-rata untuk pemerintah kabupaten/kota tahun 2018 sebesar 56,53 dan 2019 meningkat menjadi 58,85 atau naik 2,32. Sementara untuk nilai rata-rata provinsi pada 2018 sebesar 67,28 dan tahun 2019 sebesar 69,31 atau naik 2,03.

Sementara Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan “Untuk Bartim dari peringkat C naik menjadi ke CC, harapan ke depan bisa mendapat nilai B”, ucap Ampera.

Orang nomor satu di Bartim itu juga menekankan agar Perangkat daerah Bartim berbudaya kerja yang baik, saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemkab Bartim sudah baik dan ke depan harus ditingkatkan, kepada seluruh perangkat daerah agar dapat memaksimalkan lagi kinerjanya.

Bupati juga mengharapkan dengan adanya peningkatan dalam pelaksanaan kinerja yang mengacu kepada uraian tugas dari tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah akan menjadikan Pemkab Bartim optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai standar pelayanan dan aturan serta ketentuan yang berlaku. (Ahmad Fahrizali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: