Bupati Ampera Lantik dan Kukuhkan Pengurus Kwarcab Pramuka Bartim Masa Bakti 2019-2024

oleh -69 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Cabang Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Bartim yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB) di Gedung Pertemuan Umum Mantawara Tamiang Layang, Jumat (20/12/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Bartim Ir. Eskop, MAP kembali di percaya menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Bartim masa bakti 2019-2024. Turut hadir pada pelantikan tersebut Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan anggota Pramuka se Bartim.

Ketua MABICAB Bartim Ampera AY Mebas SE, MM mengatakan “Kwarcab gerakan Pramuka Bartim masa bakti 2019-2024 agar bisa menjalankan program-programnya yang sudah ada, bahkan harus ditingkatkan lagi dan harus lebih terarah”, ucap Ampera.

Menurut orang nomor satu di Bartim tersebut, gerakan Pramuka aktif di sekolah-sekolah, Pemerintah Daerah selama ini juga mendukung dengan menganggarkan anggaran melalui APBD Bartim.

Kwarcab Pramuka Bartim selama ini sudah sangat baik, juga selalu mengikuti kegitan-kegiatan, baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Kita sepakat kegiatan-kegiatan kepramukaan saat ini patut kita dukung bersama, sebagai wujud upaya antisipasi terhadap perkembangan zaman khususnya perkembangan dunia informasi, Iptek dewasa ini yang kian hari berkembang pesat. Kita antisipasi bukanlah perkembangan Iptek nya, akan tetapi adalah dampak negatif yang timbul akibat perkembangan tersebut.

Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu langkah yang strategis dilaksanakan oleh gerakan Pramuka, sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan dan juga untuk memasyarakat kan gerakan Pramuka di seluruh lapisan masyarakat Bartim, jelas Ampera.

Sementara itu Ketua Kwarcab yang baru dilantik Ir. Eskop MAP menyampaikan, kami pengurus dan Pembina yang ada pengurus yang dikukuhkan hari ini kebanyakan masih pengurus yang lama.

Kegiatan Pramuka ini merupakan kegiatan sosial dan menjadi program pokok di sekolah, pengurus yang ada memang banyak yang sudah punya sertifikasi, mendapat penghargaan-penghargaan baik tingkat daerah, provinsi bahkan tingkat nasional, sehingga mereka bisa membina anggota pramuka dengan maksimal.

Pengurus Kwarcab Bartim sudah profesional, rata-rata sudah S2, kalau bicara bagaimana inovasi untuk generasi muda, mereka sudah menguasainya sehingga bisa membina generasi muda yang ada di Bartim terutama yang sudah bergabung menjadi anggota Pramuka, pungkas Eskop. (Ahmad)