Bupati Ampera : Penyuluh Pertanian Dituntut Kembangkan SDA Melalui Karya Pengabdiannya

oleh -79 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas membuka acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian (TTPP) se Bartim yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian di Aula Sacra Famelia Urup kelurahan Ampah Kota kecamatan Dusun Tengah, kamis (12/03/2020)

Selain kegiatan TTPP dilakukan juga pelantikan pengurus kelompok Kontak Tani Nasional Andalan (KTNA) Bartim tahun 2020 -2025. Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng, Kepala Badan Pengkajian Teknologi Kalteng, Kepala OPD, Camat, Kapolsek dan Penyuluh Peetanian.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan “Tugas penyuluh adalah memotivasi petani untuk mau dan mampu serta bisa melaksanakan tekhnologi pertanian yang dianjurkan, sehingga mereka dapat menolong diri sendiri bahkan menjadi mandiri dan sejahtera untuk terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berkualitas, memiliki ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME”, ucapnya

Dengan demikian, penyuluh pertanian dituntut untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia melalui karya pengabdianya, baik sebagai fasilitator, pelayan petani, pendorong, berkembangnya ekonomi pedesaan, disiplin serta jujur, profesional dan bertanggung jawab.

“Pembangunan sumber daya manusia penyuluh pertanian merupakan pilar penting dan mendukung pembangunan pertanian, terutama menyangkut masa depan penyuluh, motivasi dan kinerja, pendidikan dan latihan serta penghargaan dan aktualisasi diri, sehingga dapat menumbuh kembnagkan penyuluh yang profesioanl, mempunyai jati diri, berkemampuan maksimal, mampu bersaing dan mandiri,” jelasnya.

Ampera berharap dengan terselenggaranya, pertemuan teknis ini dapat memberikan jawaban yang tepat untuk pemecah masalah serta hambatan teknis penyuluh pertanian di Bartim.

“Selamat bertugas dan berkarya bagi penyuluh pertanian Bartim, terimakasih atas pengabdianya selama ini, semoga kita semua sukses menjadi masyarakat Bartim yang makmur, menuju Gumi Jari Janang Kalalawah”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bartim Riza Rahmadi dalam laporannya mengatakan bahwa peserta kegiatan temu teknis penyuluh pertanian Barito Timur berjumlah 110 orang.

“Dari 110 peserta terdiri dari penyuluh pertanian PNS, 20 orang THL-TB dan 16 orang penyuluh honorer yang ditugaskan keseluruh kecamatan dan desa di Bartim,” jelasnya. (Ahmad Fahrizali)