Bupati Perintahkan Dinas Terkait Menata kembali Areal Lapangan Hijau untuk Sarana Olah Raga dan RTH

oleh -95 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Drs Muhlis, Kapolres Barito Utara, Kepala Bapedalitbang, Kepala Dinas PUPR, Camat Teweh Tengah, Lurah Melayu serta leading sektor meninjau areal Lapangan Hijau Jalan Sengaji Hulu Muara Teweh, Jumat (14/1/2022).

Seperti diketahui, sebelumnya, Lapangan Hijau ini dijadikan tempat relokasi para pedagang Pasar Pendopo selama Pasar ini dalam proses pembangunan kembali.

Setelah para pedagang kembali menempati lapak/kios pasar Pendopo yang telah selesai dibangun, direncanakan areal Lapangan Hijau ini akan dipergunakan kembali sebagai fasilitas olahraga.

Bupati H Nadalsyah memberikan arahan kepada dinas terkait dalam pembenahan dan perencanaan sebagai tempat olah raga.

“Akan kita timbun dulu, supaya pada saat banjir nanti lapangan ini tidak mengalami banjir,” kata H Nadalsyah.

Selanjutnya kata bupati, akan dilengkapi sarana dan prasarananya yang diperuntukkan untuk olah raga. Terkait anggaran, Bupati meminta kepada dinas terkait agar nantinya dapat mengalokasikan.

“Anggaran kita sangat terbatas, mudahan dapat dialokasikan dari dinas-dinas terkait,” kata H Nadalsyah.

Kepada Dinas PUPR dan Dinas Budparpora, Bupati Nadalsyah meminta agar dapat berkolaborasi dalam perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana untuk Lapangan Hijau.

“Dinas Lingkungan Hidup juga diminta membantu dalam pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di areal Lapangan Hijau ini,” kata H Nadalsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, M Iman Topik, mengatakan Dinas PUPR akan menindaklanjuti petunjuk yang disampaikan oleh Bupati dalam rangka penantaan dan pemanfaatan kembali Lapangan Hijau menjadi sebuah icon dengan terlebih dahulu membuat perencanaan gambar dan desain serta pengukuran sebagai kegiatan awal.

“Selanjutnya akan dilakukan penurapan dengan ketinggian menyesuaikan agar tidak terendam banjir,” jelas M Iman Topik.

Dalam melakukan perencanaan desain penataan kawasan lapangan hijau ini, Kepala Dinas PUPR akan menugaskan Bidang Ciptakarya dan Tata Kota untuk menindaklanjuti beberapa petunjuk yang telah disampaikan oleh Bupati.

“Kawasan Lapangan Hijau akan ditata dengan menggunakan konsep sarana olahraga berupa mini soccer, joking track dan fasilitas bermain anak-anak dengan kolaborasi ruang terbuka hijau,” imbuhnya.

(AP/Tim)