Caleg NasDem Ujung Tombak Raih Kemenangan

oleh -54 views

TEWENEWS, Jakarta – Calon anggota legislatif (Caleg) Partai NasDem baik tingkat DPRD hingga DPR-RI merupakan ujung tombak partai untuk meraih kemenangan pada Pemilu 2019. Hal tersebut dikemukakan Wakil Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI Supiadin Aries Saputra saat menutup rangkaian acara HUT ke-4 Fraksi Partai NasDem dan rapat koordinasi anggota DPR-DPRD NasDem se Indonesia.

“Caleg NasDem adalah ujung tombak untuk mewujudkan visi dan misi partai seperti apa yang sering disampaikan Ketua Umum,” kata Supiadin di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (21/11).

Dalam kesempatan tersebut, Supiadin juga mengingatkan agar para caleg mampu memenangkan 2 agenda besar NasDem yaitu menang di urutan 3 besar dalam Pemilu Legislatif (Pileg) dan memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 01 yaitu Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Baca Juga :   Demokrat dan PKB Diprediksi Berjaya, Partai NasDem Mengejutkan dengan Dua Kursi di DPRD Barut

“Waktu yang kita miliki cukup singkat, kurang lebih tinggal lima bulan lagi  jelang hari pencoblosan,” katanya.

Supiadin melanjutkan selama dalam masa kampanye yang tersisa, caleg NasDem juga diminta untuk terus mensosialisasikan pileg dan pilpres. Sosialiasi paling utama ialah pada cara penggunaan surat suara. Pasalnya, pada Pileg 2019 surat suara tidak dilengkapi foto para caleg.

“Berbeda dengan Pemilu Presiden dan Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), untuk legislatif surat suara tidak dilengkapi dengan foto kandidat. Maka sangat penting untuk terus melakukan sosialisasi,” paparnya.

Baca Juga :   Angka Golput Tinggi, Sosialisasi KPUD Dinilai Gagal

Dalam rapat konsolidasi anggota DPR-DPRD NasDem yang berlangsung selama dua hari tersebut, fraksi NasDem memberikan 5 rekomendasi untuk diikuti para caleg. Ke 5 rekomendasi tersebut dibacakan Ketua DPP NasDem bidang Pendidikan dan Kebudayaan Nining Indra Saleh.

“Setiap anggota DPR-RI, DPRD provinsi, dan DPRD  kabupaten/kota diminta segera merealisasikan janji-janji politiknya di masyarakat di dapilnya masing-masing agar dapat mempertahankan dan merebut kursi legislatif,” tutur Nining.

Kedua, memperkuat koordinasi antarfraksi DPRD kabupaten/kota dengan DPRD provinsi dan Fraksi DPR-RI serta kerja sama yang efektif dengan struktur partai dan pemerintah daerah yang mementingkan kepentingan publik.

Baca Juga :   Setelah Dilantik Menjadi Anggota DPRD, Hj Nety Herawati Jawawi Adakan Syukuran

Ketiga, setiap anggota DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota harus memaksimalkan fungsi parlemen, legislasi, pengawasan, dan anggaran yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Keempat, setiap anggota DPR-RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota segera menyusun dan melakukan strategi pemenangan Pemilu 2019 yang sistematis, terukur, dan terbuka dengan memperkuat personal branding partai dan caleg NasDem.

“Kelima anggota DPR-DPRD NasDem harus mampu mengkampanyekan gagasan Restorasi Indonesia dengan kampanye dialogis melalui komunikasi yang membawa pesan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila,” kata Nining. (Uta/Tim)