Camat Teweh Baru “Sedih” Antusias Pemilih Rendah

oleh -192 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Barito Utara, Kalteng, menyisakan sekelumit permasalah teknis hingga memantik rasa kesal dan kecewa beberapa kelompok masyarakat.

Terutama menyangkut teknis penyampaian undangan bagi pemilih, yang mengakibatkan banyak warga kehilangan hak pilihnya. Seperti diakui Camat Teweh Baru, H Jirni.

“Entah di kecamatan lain. Kalaui Teweh Baru, partisipasi pemilih hanya kurang lebih 68 persen. Target pemilih sebenarnya minimal 70 persen,” kata Jirni kepada tewenews.com, Sabtu (30/6/2018).

Baca Juga :   Memanas,Media yang Memberitakan Kasus Hoax RY di Ancam akan Dipolisikan

Sekadar diketahui, wilayah Teweh Baru sendiri terdiri dari delapan desa dan dua kelurahan. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak13 ribuan pemilih. Sehingga masuk rangking kedua lumbung suara, dibawah Tewe Tengah 30 ribuan.

Dalan hal itu, tegas Jirni, penyebab tingginya golput di Teweh Baru, utamanya disebabkan penyampaian undangan sempat bermasalah. Uniknya, justru orang yang sudah pindah rumah, mendapat undangan TPS.

Baca Juga :   H2D Somasi Bawaslu Kalsel Soal Pencopotan Spanduk/Baliho “Ambil Uangnya, Jangan Cucuk Orangnya”

Bahkan ada satu rumah terdiri sembilan pemilih, namun hanya seorang dapat undangan.
“ketidaksesuaian. Sosialisasi kurang, mungkin salah satu penyebab,” pungkas Jirni.

Dilain pihak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara telah menjadwalkan pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten dalam rangka pemilihan Kepala Daerah Barito Utara tahun 2018 ini.

Ketua KPU Barito Utara melalui komisioner, Rututman menjelaskan, untuk pleno pilkada ini pada tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pada 28 Juni – 4 Juli 2018, sementara pada tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada 4 -7 Juli 2018.

Baca Juga :   RY Oknum Camat Penebar Hoax Akui Perbuatannya

“Untuk pleno telah dijadwalkan, kami berharap nantinya pleno dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,” harap Rututman saat dimintai konfirmasi di ruang kerjanya, Sabtu (30/6/2018). (tim)