Cegah Karhutla di Barut dan Mura, Kodim 1013/Mtw Bentuk Tim Patroli

oleh -35 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Komando Distrik Militer (Kodim) 1013/Muara Teweh bentuk tim patroli terpadu pencegahan Karhutla dengan melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada Masyarakat, di beberapa Desa di wilayah Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya, Kamis (25/4/2019).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan Kebakaran hutan dan lahan yang kerap sering terjadi pada saat musim kemarau.

Baca Juga :   Dinas Pertanian Murung Raya Ungulkan Kakao dan Kopi untuk Kelompok Tani

Komandan Kodim 1013/Mtw, Letnan Kolonel Inf Yusan Riawan mengatakan, kekompakan serta saling mendukung antara TNI-Polri dan Manggala Agni dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan sangat dibutuhkan, dengan menyosialisasikan tentang bahaya dan larangan pembakaran hutan dan lahan harus tetap terjaga dan selalu kompak.

Baca Juga :   Operasi Sapu Jagad, Polres Barut Amankan 21 Senjata Api Rakitan

Menurutnya, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan mengingat bahaya tentang karhutla kepada masyarakat. Kegiatan patroli terpadu dilaksanakan berupa deteksi dini, pemadaman dini apabila ditemukan kebakaran, serta sosialisasi dan pemasangan banner dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui proses perubahan perilaku, serta mengajak masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungan dan kelestarian hutan.

Baca Juga :   Polres Bartim Ajak Masyarakat Bartim Meriahkan One Day Bhayangkara Adventure

Dandim 1013/Mtw, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan, baik kebun atau hutan, karena dampak dari karhutla adalah rusaknya lingkungan, musnahnya ekosistem dan terganggunya kesehatan.

“Semoga dengan dilaksanakannya patroli, sosialisasi dan pemasangan banner, diharapkan bisa menimbulkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya karhutla,” pungkasnya. (TWN2/Tim)