Cegah Karhutla, Giliran Desa Transmigrasi Jadi Sasaran Sosisalisasi Bhabinkamtibmas

oleh -8 views

TEWENEWS, Lamandau – Dalam mengantipasi bencana kebakaran di wilayahnya Bhabinkamtibmas Desa Wonorejo Polsek Sematu Jaya, Polres Lamandau, Polda Kalteng melaksanakan sosialisasi pembakaran hutan dan lahan, Rabu (2/6/2021).

Sosisalisasi kali ini di adakan di pemukiman warga Desa Wonorejo oleh Bhabinkamtibmas Bripka Robiansyah mengajak warga masyarakat tidak melakukan pembakaan hutan dan lahan di musim kemarau.

Dimana warga masyarakat desa Wonorejo sebagian besar penduduknya memiliki mata pencarian bertani dan berkebun, agar kegiatan pembakaran lahan dapat di cegah salah satunya memberikan penjelasan bahaya karhutla tersebut kepada masyarakat.

Kapolsek Sematu Jaya Iptu Karno, menyampaikan Penduduk Sematu Jaya mayoritas memiliki mata pencaharian bertani, berkebun dan berladang, agar masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran Sosialisasi terus di lakukan oleh personil polsek Sematu Jaya maupun oleh Bhabinkamtibmas sehingga masyarakat dapat memahami tentang bahaya kegiatan pembakaran lahan dan hutan di saat musim kemarau tiba.

Adapun bahaya yang dapat di timbulkan pada saat melakukan pertanian dengan cara membakar adalah dapat terjadi bencana kebakaran, polusi udara maupun dapat menyebabkan penyakit Ispa, maka agar bahaya tersebut tidak terjadi kiranya masyarakat tidak melakukan pertanian dengan cara membakar.

“ Dalam sosialisasi tersebut juga di sampaikan peraturan perundang – undangan yang melarang perbuatan membakar hutan dan lahan serta sanksi pidananya,” Tutup Kapolsek (MP)