Cegah Kebakaran Lahan, Tim Siaga Karhutla Polda Kalteng Patroli Daerah Rawan Karhutla

oleh -4 views

 

Polda Kalteng – Kesiapsiagaan Polda Kalteng terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam memasuki musim kemarau ini terus ditingkatkan.

Buktinya, hari ini, Tim Siaga Karhutla kembali melaksanakan patroli ke lokasi yang rawan Karhutla, seperti di Jalan Mahir Mahar, Jalan Tjilik Riwut, Jalan G.Obos, Jalan RTA. Milono dan Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Selasa (4/5/2021) siang.

Baca Juga :   Turun langsung ke desa binaannya sampaikan soasalisasi kebakaran hutan dan lahan

Patroli dengan menggunakan berbagai macam kendaraan Karhutla tersebut, sekaligus mengecek parit dan embung air, sebagai persiapan apabila sewaktu-waktu memerlukan air untuk pemadaman api.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M melalui Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H mengatakan, patroli siaga Karhutla ini rutin dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Covid 19, Anggota Polsek Rungan Tingkatkan Sosialisasi Kepada Masyarakat.

“Lebih baik kita mencegah dan memadamkan api yang masih kecil daripada kita memadamkan api yang sudah besar karena itu sangat menyulitkan dan membutuhkan waktu yang lama,” tutur Eko.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Polsek Kurun aktifkan Patroli dan Spanduk Himbauan.

Kabidhumas berharap, dengan adanya patroli rutin Karhutla ini, pihaknya dapat mencegah dan meminimalisir kebakaran hutan dan lahan.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengimbau kepada masyarakat, agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar karena itu akan mengkibatkan bencana kabut asap,” pungkasnya.(sam)