Cegah Kekerasan terhadap Wartawan, Polres dan PWI Teken MoU

oleh -19 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Utara, menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar, di Hotel armani, Jum’at (7/9/2018). MoU menyangkut Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait penyalahgunaan profesi wartawan.

Penandatanganan MOU tersebut sebagai tindak lanjut MoU antara Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Dewan pers pada Hari Pers Nasional yang dilaksanakan di kota Ambon pada tahun 2017 yang lalu.

Baca Juga :   Polres Barut Gelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Telabang 2021

Ketua PWI Barut Roby Cahyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa MOU ini bertujuan agar wartawan dapat menjalin kemitraan dengan kepolisian.

“Diharapkan dengan adanya MOU ini akan semakin terjalin kemitraan dengan kepolisian dalam informasi publik,” kata Roby

Baca Juga :   Temui Warga Kelurahan Lahei II, Bhabinkamtibmas Polsek Lahei Sosialisasikan Stop Pungli Kepada Warga

Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar di tempat yang sama mengatakan bahwa MoU ini akan semakin meningkatkan kerja sama kepolsisian dan rekan media.

“Apa yang dilakukan Polri jika tanpa dukungan dari pihak lain tidak ada yang tahu tanpa didukung oleh media. Di sinilah perlu sinergi menuju Indonesia yang hebat. Sekali lagi Polri tidak bisa kerja sendiri. Untuk menjaga stabilitas di daerah kita sendiri,” kata Kapolres.

Baca Juga :   Bentangkan Spanduk Germas, ini yang Disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Purei

Ada empat poin yang menjadi fokus dalam MoU ini. Yaitu perlindungan kebebasan pers, pencegahan kekerasan terhadap wartawan, penegakan hukum, dan diseminasi atau penyebarluasan informasi dari kepolisian serta terkait kemerdekaan pers.(Bambang/Tim)