CPNS Lapas Muara Teweh Ikuti Jurit Malam Lintas Medan dan Pembaretan

oleh -140 views

TEWENEWS,Muara Teweh – Puluhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilingkup Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Teweh Kabupaten Barito Utara,Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan jurit malam,lintas medan dan Pembaretan yang digelar oleh Panitia Orientasi Lanjutan,Minggu (4/3/2018) dinihari.

“Alhamdulillah berjalan lancar walaupun sangat melelahkan, tapi tetap semangat demi tunas-tunas pengayoman lapas muara teweh,”ungkap Sarwito Kepala Lapas Klass II B muara teweh.

Menurutnya,  kegiatan yang berlangsung dari pukul 24.00WIB  tengah malam, hingga pukul 07.00WIB pagi ini merupakan serangkaian akhir dari pelaksanaan orientasi lanjutan CPNS lapas muara teweh Tahun 2018. 

Baca Juga :   Ada "Diskotik" di Armani Hotel, Benarkah ?

Tujuannya,  mengetes kesiap siagaan, kesigapan, jiwa korsa, menumbuhkan rasa kebersamaan atau kerja sama tim, memahami perintah komando dari pimpinan dan menumbuhkan mental keberanian para CPNS.

Selain itu,  materi kegiatan tersebut adalah mengetes kemampuan penyerapan pemahaman tugas pokok dan fungsi Lapas yang telah diberikan pembekalan oleh panitia maupun narasumber selama pelaksanaan otientasi yang berlangsung satu bulan dari 5 Februari sampai dengan 3 Maret 2018.

“Dengan sistem pos per pos, dimana ada empat Pos dalam kegiatan tersebut, yakni Pos 1 materi Tupoksi Tata Usaha, Pos 2 Materi Tupoksi Pembinaan dan Kegiatan Kerja, Pos 3 Materi Tupoksi Keamanan dan Ketertiban, Pos 4 Materi Tupoksi Pengaman sekaligus pelaksanaan Pembaretan,” terang Sarwito. 

Baca Juga :   Kakanwil Kemenkum HAM Kalteng Beri Arahan dan Motivasi ke Petugas Lapas Muara Teweh

Ditambahkannya,peserta CPNS yang mengikuti kegiatan sebanyak 21 orang yang terdiri dari 18 peserta laki-laki dan 3 orang perempuan, sedangkan Panitia Orientasi yang terlibat dalam giat sebanyak 26 orang termasuk Kalapas, pejabat struktural, staf dan para Komandan Jaga beserta anggota.

Dengan rute perjalanan sejauh kurang lebih 7 km dengan lintasan medan yang sangat menantang yang telah di survei terlebih dahulu oleh panitia, termasuk untuk Pembaretan dan pengambilan baret di salah satu area pemakaman di muara teweh.

Baca Juga :   Sebanyak 10 Orang WBP Lapas Muara Teweh Terima Remisi Khusus Hari Raya Nyepi Tahun 2019

“Tujuan inti yang di harapkan dengan kegiatan ini adalah untuk menyiapkan para CPNS sehingga memiliki mental yang kuat dalam pelaksanaan tugas di lapangan nantinya sehingga tercipta tenaga tunas-tunas pengayoman dengan integritas dan komiten tinggi serta kinerja yang Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif,” pungkas Kalapas.(Ap)