Dalami Tekhnis Kinerja, BPBD Damkar Bartim Berkunjung ke Tabalong

oleh -15 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Untuk mendalami peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Pelaksana BPBD dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi bersama staf melakukan kunjungan ke BPBD Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Zainuddin bersama staf, Rabu (20/01/2021).

Dalam pertemuan tersebut Zainuddin memaparkan dasar hukum pendirian BPBD Tabalong serta bagaimana BPBD setempat melakukan penanggulangan berbagai bencana yang terjadi selama ini.

Baca Juga :   Pantau Wilayah Banjir, BPBD Barito Timur Turunkan Tim Kelapangan

Pada kunjungan itu rombongan BPBD Damkar Bartim juga diberikan kesempatan untuk menggali informasi fungsi dan cara kerja setiap bidang serta melihat kelengkapan sarana penanggulangan bencana yang dimiliki BPBD Tabalong.

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Bartim, Riza Rahmadi menjelaskan, sebagai badan yang baru dibentuk pada bulan Januari 2021, BPBD Damkar Bartim berkunjung untuk melakukan pengayaan organisasi secara teknis, maupun administrasi ke BPBD Tabalong yang sudah cukup lama berdiri agar nantinya dapat berfungsi maksimal dalam penanggulangan bencana di Barito Timur.

Baca Juga :   Pemda Kampar Mediasi Polemik di PT PEU, Terkait 16 Tuntutan Pekerja yang Belum Terealisasi

“Semoga dengan mulai beroperasinya BPBD Damkar Barito Timur, kemampuan kita menghadapi ancaman bencana lebih baik lagi”, terangnya.

Dia menuturkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya juga menggali informasi bagaimana BPBD Tabalong memberdayakan unit penanggulangan bencana swadaya untuk mendukung fungsi BPBD.

“Nanti kita akan bekerja sama dengan unit-unit penanggulangan bencana swadaya yang sudah ada sehingga dapat bersama dalam mengatasi bencana di Bartim” jelas Riza.

Baca Juga :   Musyawarah Cabang IDI Kabupaten Way Kanan Pilih Ketua Periode 2021-2023

Riza berharap dengan adanya BPBD Damkar di Bartim, penanggulangan bencana dapat lebih maksimal, selain itu kedepannya BPBD Damkar juga akan melakukan kajian demi mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh bencana yang terjadi, pubgkasnya. (Ahmad Fahrizali).