Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Bersilaturahmi Dengan Warga Papua di Tanah Abang

oleh -121 views

TEWENEWS, Jakarta Pusat – Menyikapi perkembangan situasi Nasional tentang beberapa aksi unjuk rasa rasial yang melibatkan etnis Papua, maka Dandim 0501/ Jakarta Pusat BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana melaksanakan safari kunjungan ke berbagai wilayah dimana masyarakat suku Papua tinggal di Jakarta Pusat.

Seperti halnya Minggu malam Dandim dan rombongan bersilaturahmi dan tatap muka bersama warga Mess Cendrawasih Papua Tanah Abang, bertempat di RM. Suharti Jalan KH Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang. Minggu (25/8/2019).

Dengan suasana penuh rasa kekeluargaan Dandim mengajak berdialog, tidak ada kesan militer dalam pembicaraan tersebut sebab Dandim dan rombongan hadir sebagai bentuk dukungan bahwa TNI siap melindungi seluruh elemen dan suku di tanah air.

Baca Juga :   Dapur Lapangan TNI-Polri Sajikan Paket Nasi Setiap Hari

“Saya dan jajaran pimpinan kota Jakarta Pusat akan bergantian bersilaturahmi dengan seluruh warga Papua di Jakarta, yakinlah bahwa permasalahan yang ada di Papua pasti diselesaikan oleh jajaran terkait, dinamika yang berkembang pasti akan segera dicarikan solusinya”, urai Dandim.

Ferry Inggamed salah satu warga Mess Cendrawasih Papua menyampaikan bahwa di lingkungan Mess terdapat suku lain juga agama selain Kristen, namun semua bisa tinggal dengan rukun karena saling menjaga toleransi.

Baca Juga :   Pangdam Jaya Hadiri Upacara Peringatan HUT RI 74

“Saya prihatin dengan apa yang terjadi di Surabaya, di perantauan kita harus menjaga toleransi dan perkataan supaya tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan,” ungkap Fery.

Banyak yang hadir dan menyampaikan apresiasi mereka kepada Dandim, Frans Rumbino salah satunya. Ia senang karena bisa bertatap muka dengan Dandim dan rombongan sehingga ada hubungan emosional sehingga jika ada keluh kesah bisa disampaikan dengan baik.

Beberapa tokoh warga yang turut hadir memberikan masukan positif serta dukungan kepada Dandim dan jajaran untuk bersama-sama menjaga toleransi antar suku dan umat beragama di Jakarta Pusat.

Baca Juga :   Polsek Cempaga Hulu Berlakukan Prokes Saat Memasuki Mako.

Pada intinya Dandim ingin memastikan bahwa semua etnis, suku dan agama berhak tinggal dengan aman dan nyaman di wilayah Jakarta Pusat.

“Semua memiliki hak serta kewajiban yang sama, kembalikan pada diri sendiri dan berpikir untuk kebaikan bersama, jika semua bisa menyadari indahnya kebersamaan maka kita akan tercapai kerukunan hakiki,” tutup Dandim.

Hadir mendampingi Dandim antara lain Pasi Intel Kodim Mayor Inf Denver Micha, Danramil 05/ Tanah Abang Mayor Arh Didik Wahyudi, Pasiter Kodim 0501/JP BS Kapten Kav Dwi Joko Purnomo dan Wadanramil 05/ Tanah Abang Kapten Inf Amin. (M.Solichin)