Dandim 0906/Tenggarong Berikan Materi Bela Negara dan Wawasan Nusantara kepada Mahasiswa UNIKARTA

TEWENEWS, Tenggarong – Dandim 0906/Tgr Letkol Inf. Charles Alling SE, M. MDS memberikan pembekalan Materi Bela Negara dan Wawasan Nusantara kepada 466 orang Mahasiswa Baru UNIKARTA dari semua Jurusan/Fakultas di Kampus UNIKARTA Jl. Gunung Kombeng No. 27 Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (29/8/2019).

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling SE, M. MDS menjelaskan, “Letak Geogafis NKRI yang merupakan jalur ALKI yang sangat penting untuk dikuasai oleh Negara Asing seperti Australia dan China yang menguasai perekonomian yang merupakan tanggung jawab kita semua agar hal tersebut tidak dikuasai oleh Negara Asing”.

Menghindari Narkoba agar generasi muda di masa depan dapat diandalkan, sebagai contoh perang China melawan Inggris dimana saat itu Inggris meracuni generasi muda dengan Opium sehingga China gampang dikuasai, untuk generasi muda bagaimana cara menguasai diri dan mengendalikan diri agar tidak mudah terpengaruh dan generasi muda peka dengan perkembangan situasi.

Perang sekarang merupakan modern tanpa pertumpahan darah khususnya dengan cara yang lebih halus seperti cuci otak, melalui budaya dan adat istiadat yang sasarannya para generasi muda kita.

Baca Juga :   Danrem 091/Aji Surya Natakesuma Pimpin Sertijab Dandim 0906/Tenggarong 

Teroris tidak lagi menggunakan bom bunuh diri tetapi bagaimana cara menyampaikan tujuan dan pengaruhnya melalui media Sosial.

Untuk generasi muda jika kamu beragama Kristen janganlah ke Barat-baratan, kalau kamu Islam jangan Ke Arab-araban, jika kamu Hindu jangan Ke Indiaindiaan, tapi kita harus menghargai kearifan lokal.

Dandim mengajak Generasi muda harus mengerti sejarah agar kita memiliki rasa Kebanggaan dan kebangsaan dan Kecintaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia. Dan sebagai Mahasiswa bagaimana cara mencerninkan nilai luhur Pancasila agar selalu mebghormati dan menghargai perbedaan dan keragaman.

Bhineka Tunggal Ika adalah merupakan alat pemersatu bangsa apapun agamanya, apapun sukunya darimanapun asalmu tetap satu dalam Bingkai NKRI. Apapun agamanya, apapun sukunya darimanapun asalmu suka tidak suka mau tidak mau kita tetap mempertahankan NKRI. Sebagai Mahasiswa tetap Menjaga Kebinnekaan dan menjaga Persatuan untuk Keutuhan NKRI. (M.Solichin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: