Debit Air Turun Saat Kemarau, PDAM Kotabaru Cari Solusi

TEWENEWS, Kotabaru – Kemarau senantiasa mendatangkan persoalan bagi PDAM Kotabaru. Pasalnya, pada musim kemarau akan terjadi penurunan debit air baku pada Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang dimiliki BUMD ini. Imbasnya, pelayanan distribusi air kepada pelanggan harus dikurangi dan dilakukan penggiliran.

Seperti pada Musim Kemarau ini. Meski kemarau baru berlangsung setidaknya sebulan terakhir, PDAM Kotabaru terpaksa harus melakukan penggiliran distribusi air, khususnya bagi pelanggan yang dilayani oleh 3 Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang ada, yaitu IPA Gunung Relly, IPA Gunung Ulin dan IPA Gunung Perak.

Melalui Laman Facebook bertitel PDAM Kotabaru & Media Informasi Pelanggan, PDAM mengumumkan penggiliran diwilayah-wilayah yang dilayani ketiga IPA tersebut. Dalam Surat yang beredar disebutkan, penggiliran dilakukan berdasarkan sistem buka tutup pada setiap Jam 10.00 hingga jam 10.00 WITA.

Humas PDAM Kotabaru, Syarwani,SE, membenarkan bahwa Surat yang beredar di jagad facebook itu resmi dari Manajemen PDAM Kotabaru. ” Ya betul media (halaman facebook PDAM & Media Informasi Pelanggan,red) ini memang media resmi group PDAM Kotabaru”, jelasnya saat dihubungi via WhatsApp, Selasa (6/8/2019)

Baca Juga :   Direktur PDAM, Agus Surjanto : Bila Mencuri Air PDAM Akan Diproses Hukum

Syarwani menjelaskan bahwa penggiliran dilakukan untuk menyiasati penurunan debit air baku yang senantiasa terjadi apabila memasuki musim kemarau. Ia juga menjelaskan bahwa penggiliran akan terus dilakukan selama debit air baku belum normal.

Masih menurut Syarwani, Pihak PDAM telah berkoordinasi dengan Pemkab Kotabaru guna menyikapi dampak kemarau pada tahun ini. ” akan mencari titik sumber air baku untuk di lakukakan pengeboran air baku bawah tanah. Ini salah satu upaya, dan kami juga mencari alternative lain apapun yg bs menambah debit air baku yg ada”, jelasnya lagi.

Kepada Masyarakat khususnya pelanggan PDAM, Syarwani menghimbau agar Masyarakat Bijak menggunakan air. ” hematlah menggunakan air, karna 1 liter air bisa menyelamatkan 1 keluarga”, pesannya. (ADP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: