Deklarasi Damai Pilkades, Cakades Se-Kecamatan Teweh Baru Siap Menang Siap Kalah

oleh -110 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Kami Calon Kepala Desa se-Kecamatan Teweh Baru Bersepakat Untuk, menjamin pelaksanaan Pilkades serentak berjalan secara damai, lancar, tertib, aman dan kondusif.

Siap mentaati dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tata-tertib yang telah dibuatkan oleh panitia Pilkades. Siap untuk menerima kemenangan dan kekalahan dalam Pilkades melalui proses yang demokratis.

Keterangan Foto: Calon Kepala Desa, Saat menandatanggi Deklarasi Damai

Demikian isi deklarasi damai yang dibacakan oleh para Calon Kepala Desa (Cakades) se-Kecamatan Teweh Baru, disaksikan oleh Camat, Kapolsek, Danramil dan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Selasa (17/5/2022).

Kegiatan yang disaksikan jajaran Forkopimda tersebut dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Teweh Baru. Sebanyak 22 Cakades dari 29 Calon Kepala Desa menandatangani deklarasi tersebut, diketahui ada 7 calon yang tidak hadir.

Plt Camat Teweh Baru, Joni SPi, MIP, mengatakan Pilkades serentak di Kecamatan Teweh Baru, sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2022. Dengan berbagai catatan berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan dan teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran COVID-19.

“ Pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Teweh Baru akan berlangsung di 7 Desa, dengan jumlah Cakades sebanyak 24 orang, untuk Desa Sikui 5 calon, Desa Hajak 5 calon, Desa Malawaken 5 calon, Desa Sabuh 4 calon, Desa Panaen 2 calon, Desa Gandring 4 Calon, Desa Liang Buah 4 calon,” ujarnya kepada wartawan.

Ia juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam agenda Pilkades serentak tahun ini. Selain itu ia juga mengapresiasi peran TNI dan Polri dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades serentak ini.

Ditempat yang sama Kapolsek Teweh Tengah Kompol Reny Arafah,S.E.,S.I.K, berharap beberapa tahapan penting yang akan segera kita laksanakan dalam gelaran Pilkades di 7 desa ini akan berjalan dengan aman, tertib tanpa hambatan dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

“Jangan ada perpecahan karena beda pilihan, jaga kondusifitas wilayah kita agar tahapan pemilihan kepala desa dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,”Imbuhnya.

Dan juga saya meminta kepada seluruh calon serta pendukungnya untuk mengedepankan kerukunan meski berbeda pilihan politik, guna meminimalisir potensi gesekan antar pendukung.

“ Kami akan memonitoring untuk menjamin kondusifitas pilkades sekaligus serta sudahkan tahapan pilkades yang dilakukan sesuai mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan,” tutup Reny.(Tim)