Demokrat dan PKB Diprediksi Berjaya, Partai NasDem Mengejutkan dengan Dua Kursi di DPRD Barut

oleh -83 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pileg dan Pilpres di Kabupaten Barito Utara (Barut) memasuki tahapan rapat pleno PPK. Menariknya, justru memunculkan caleg partai tak diunggulkan, meraih kursi di DPRD Barut.

Salah satu caleg partai tak diunggulkan yakni, Nasdem, pada penghitungan pleno akhir di dua Dapil, berhasil memastikan meraih dua kursi di DPRD Barut periode 2019-2024.

“Ini pencapaian luar biasa bagi kami sebagai pemula di kancah perpolitikan di Barut. Sebelumnya Nasdem hanya satu kursi, kini sudah pasti dua kursi. Tinggal d Dapil-1,” ungkap Ketua Nasdem Barut, Hj.Netty Jawawi, Sabtu (27/4/2019).

Seperti diketahui, rapat pleno ditingkat PPK Dapil-4 sudah diselesaikan. Secara perolehan suara Demokrat dan PDIP mendominasi. Apalagi PDIP dan Demokrat menurunkan caleg incumben di Teweh Selatan dan Teweh Baru tersebut.

Baca Juga :   Di Dinas Kesehatan, Ada Obat Kadaluarsa Masih di Catat dan Dimasukan Dalam Gudang Obat

Hanya saja, hanya caleg incumben PDIP, Sastrajaya, yang sepertinya terpilih kembali. Sedangkan caleg incumben Demokrat gagal, diganti wajah baru yang secara umur dan pengalaman, masih “bau kencur”. Yakni Reza.

Termasuk caleg berpengamanan dari Partai Demokrat, Sinar, pun kalah suara dengan Reza. Keberhasilan perolehan suara caleg baru Demokrat, ternyata diikuti caleg baru Partai Nasdem, Hj.Netty Jawawi.

Masing-masing urutan peraih enam kursi di Dapil-4 (Kecamatan Teweh Selatan dan Teweh Baru) yakni: Demokrat-3.595 suara, PDIP-2509 suara, Gerindra-2201 suara, PKB-1752 suara, Nasdem-1748 suara dan PPP-1662 suara.

Tidak hanya caleg DPRD, caleg DPRD Provinsi Nasdem juga berpeluang raih kursi. Untuk Barut sementara ini, Nasdem urut tiga. Yakni Demokrat-11.462 suara, PDIP-6.236 suara, Nasdem-5421 suara, PKB-4210 suara, Golkar-3969 suara.

Baca Juga :   Peran Serta Danramil 03/GP Bersama Tiga Pilar Ikuti Pam Rapat Pleno Pemilu Tingkat Jakarta Barat

Perolehan suara caleg DPRD Provinsi Dapil Barut tersebur, tidak termasuk hasil penghitungan suara wilayah Kecamatan Teweh Tengah, yang saat ini sedang berjalan atau dalam proses rapat pleno penghitungan.

“Sejauh ini, Nasdem hanya menunggu perolehan suara Dapil Kecamatan Teweh Tengah. Kalau ternyata secara keseluruhan dapat delapan ribu, berarti satu kursi untuk DPRD provinsi,” tegas Hj.Netti, didampingi suaminya H.Jawawi.

Baca Juga :   H2D Tegaskan Gugat Hasil PSU ke MK. Akademisi: Ini Sebuah Komitmen sebagai Pengemban Suara Rakyat

Terlepas siapa kader partai asal Barut berhasil duduk di DPRD Provinsi Kalteng, telah diprediksi ada tiga partai peraih kursi terbanyak yang akan mengisi jabatan unsur pimpinan di DPRD Barut periode (2019-2024).

Berdasarkat catatan tewenews.com, Partai Demokrat mendapat lima kursi berasal dari (Dapil-1,2,3 dan 4), Partai PKB empat kursi (Dapil-1,2,3 dan 4) dan PDIP empat kursi (Dapil-1,2,3 dan 4). Sisanya tiga kursi Nasdem, dua kursi Gerindra dan PPP. Serta masing-masing satu kursi, PAN dan Golkar.(Tim)