Desa Pinang Tunggal, Membangun Jalan Padat Karya dan Titian Usaha Tani dari Dana Desa

oleh -27 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Diluncurkannya Dana Desa (DD) untuk percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat benar-benar dirasakan kehadirannya. Terpenuhinya kebutuhan berupa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan kini telah merata di beberapa desa.

Seperti di Desa Pinang Tunggal, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur,  Kucuran DD yang masuk ke daerahnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan penunjang seperti jalan usaha tani hingga jembatan dan titian usaha tani.

Baca Juga :   Desa Linon Besi II Bangun Jalan Penghubung ke Ibu Kota Kecamatan Gunung Purei

Melalui DD Tahun 2018 ini, Desa Pinang Tunggal kembali membuat jalan padat karya dan merehap titian usaha tani.

“Seperti contoh titian usaha tani dan jalan usaha tani. Keberadannya memang sagat diperlukan masyarakat yang ingin pergi kesawah. Saat-saat banjir akses jalannya terendam dan becek serta berlumpur sehingga menyulitkan masyarakat pergi ke Sawah. Namun setelah dibuatkan jalan tersebut, masyarakat sudah bisa mengangkut hasil panenya dengan cara di angkut pakai kendraan roda dua, ”ujar Karya, selaku kades ditempat itu kepada wartawan dikediamanya, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga :   Permudah Petani Dapatkan Pupuk Bersubsidi, Dinas Pertanian Bartim Berikan Kartu Tani

Menurutnya, semua pembangunan tersebut sudah melalui hasil musrenbang des bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, BPD dan masyarakat. Sehingga tidak ada istilah kepentingan pribadi dirinya maupun kepentingan kelompok.

Baca Juga :   Mengejutkan, Positif COVID-19 di Bartim Hari Ini Bertambah 21 Kasus

“Semua program baik itu fisik maupun program pemberdayaan sudah melalui hasil rapat bersama masyarakat. Semoga dengan adanya pembangunan tersebut masyarakat bisa terbantu untuk menjalankan aktifitasnya. Terutama untuk pergi kesawah dan kekebun,” pungkasnya.(Budi).