Desa Sido Mulyo B.5, adakan Pelatihan Menjahit

oleh -80 views

TEWENEWS, Kuala Kapuas – Sebuah Desa yang berdomisili di kawasan Transmigrasi eks PLG 1 Juta hektar, sedang gencar melakukan pembinaan warga. Dipimpin oleh Kades Pariyono, Desa yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, tidak hentinya berbenah. Bukan hanya terfokus pada fasilitas fisik dan material, tetapi juga merambah hingga pada bidang keahlian tertentu.

Sebagaimana ketika dikunjungi jurnalis tewenews.com, beberapa waktu lalu, sebanyak 5 orang ibu rumah tangga sedang melakukan pelatihan menjahit di Balai Desa setempat. Dilatih oleh seorang instruktur jahit yang khusus didatangkan dari Palingkau, nampak antusiasme belajar yang tinggi ditunjukkan oleh ibu-ibu peserta.
H. Masruni selaku instruktur sangat menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap, agar kiranya ilmu yang sudah diajarkannya, dapat menjadikan peserta lebih kreatif dan trampil, di bidang tata busana.

Baca Juga :   Apresiasi Kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Wartawan Kapuas Sampaikan Terima Kasih

Di sela kegiatan, Rustinati, S.Pd.I., Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sido Mulyo menyampaikan bahwa apa yang sedang dilakukan ini adalah merupakan upaya dari perangkat Desa, untuk lebih meningkatkan kwalitas pemberdayaan perempuan, terutama Ibu Rumah Tangga, demi membantu menopang kebutuhan keluarga. Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Menjahit Untuk Pemberdayaan Ibu-ibu PKK” ini, untuk sementara adalah sesi/angkatan pertama. Selanjutnya, ke depan akan terus dilakukan kembali beberapa angkatan dengan target peserta yang belum mengikuti pelatihan.

Baca Juga :   Kanit II SPKT Pimpin Pengecekan Kondisi Ruang Tahanan Polresta Palangka Raya

Disoal tentang kendala yang dihadapi, Ibu Kades ini mengungkapkan bahwa tidak banyak kesulitan yang dihadapi, meskipun dengan fasilitas yang masih belum maksimal. Seperti misalnya belum ada mesin genset sebagai tenaga cadangan aliran listrik, jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman oleh PLN, yang berakibat terganggunya proses pelatihan.

Baca Juga :   Personil Polsek Hanaut Melaksanakan Operasi Yustisi Di Jalan Bapinang Pagatan Desa Babaung

Rustinati juga menambahkan, semua sarana dan prasarana penunjang kegiatan ini, dialokasikan dari DD/ADD, yang sudah menjadi program kerja Pemerintah Desa, pungkasnya.(J.A.)