Dewan Dorong Pemerintah Desa Sikui, Bentuk Tim Investigasi Pencemaran Air Sungai

oleh -13 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dugaan pencemaran air sungai di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, mendapat respon DPRD Kabupaten Barito Utara. Dalam Hal itu, dewan mendorong agar pemdes membentuk tim investigasi.

Demikian rekomendasi DPRD Barut yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama pejabat Dinas Lingkungan Hidup ke Desa Sikui, Senin (14/1) lalu.

“Kami melakukan sidak atas dasar pengaduan dan juga kejadian yang terjadi di masyarakat, baik melalui media sosial, bahwa kita semaksimal mungkin berupaya mencermati  dan mengali permasalahan kenapa terjadi banjir dan pencemaran air,” ujar Wakil ketua II DPRD Aception, di gedung DPRD Barut, Rabu (16/1/2019).

Baca Juga :   Arus Mudik H-7, Polisi Siapkan Pos Pelayanan di Terminal Kalideres

Di jelaskan Aception, dari hasil rapat  anggota kami meminta agar Kepala Desa Sikui, secepatnya membentuk tim untuk mencari tahu penyebab kenapa bisa terjadi pencemaran lingkunan dan bajir tersebut.

Baca Juga :   Melalui Pembinaan Keluarga Besar TNI Kita Wujudkan Rasa Cinta Tanah Air

“Kita berupaya agar di APBD perubahan 2019, dapat mengangarkan dana untuk merehabilitasi aliran sungai di Desa Sikui, agar tidak lagi terjadi banjir yang mengakibatkan terhambatnya penguna jalan dan mengenanggi rumah warga,” ungkapnya.

Lebih lanjut di terangkannya, Jalan Negara Desa Sikui, adalah jalan poros untuk menuju kota Banjar Masin, Kalsel dan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kami meminta kepada Provinsi Kalteng, untuk memperhatikan keluhan warga dan penguna jalan yang di saat hujan jalandi genanggi air dengan ketinggian hampir satu meter.

Baca Juga :   Ibu - Ibu Persit KCK Ranting XXXIX Kodim 1013/Muara Teweh Kumpulkan Data

“Karena Jalan Desa Sikui ini, statusnya jalan milik Provinsi kita berharap ini menjadi perhatian dari pihak terkait untuk bisa dilakukan penimbunan agar jalan tidak lagi di genanggi air,” pungkasnya. (Tim)