Di Bartim ada Sekolah yang Rusak Parah

oleh -44 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Proses belajar mengajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Telang Baru Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Kalteng, saat ini terganggu. Hal itu karena sebagian ruangan mengalami rusak parah sehingga dinilai tidak layak untuk digunakan.

Kepala Sekolah SDN Telang Baru, Asnin SPd mengatakan, kondisi fisik ruangan tempat para guru mengajar memang sangat memprihatinkan. Kalau hujan tiba, air jatuh dari atas karena kondisi atap dan plapon bolong.

Baca Juga :   Usai Sholat Jum’at Kapolres Bartim Bagikan Bansos Kepada Jemaah

“Ada tiga ruangan kelas yang rusak parah. Kerusakan tersebut seperti dinding yang terbuat dari kayu banyak yang lapuk dan berlobang. Sedangkan untuk sarana penunjang belajar mengajar yang tidak layak pakai yakni Bangku, meja, flapon dan papan tulis juga rusak parah,” ujarnya kepada wartawan, Rabu, (16/1/2019).

Dengan kondisi sarana dan prasarana seperti saat ini, diakui Asnin, memang sangat mengganggu aktifitas belajar mengajar di SDN Telang Baru.

Baca Juga :   SDN Beriwit 04 Hanya Terima Siswa Baru Sebanyak 60 Siswa untuk Tahun Ajaran 2019-2020

Padahal, lanjut Asnin, Pihaknya sudah mengajukan permohonan beberapa kali ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bartim, namun sampai saat ini tidak ada kejelasanya.

“Setiap tahun kita ajukan permohonan terkait sarana dan prasarana penunjang belajar mengajar. Dari tahun 2016 dan 2017 serta tahun 2018 kita selalu mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk perehapan ruangan sekolah yang rusak,” jelasnya.

Untuk membeli papan tulis, meja, bangku dan sebagainya pihaknya terpaksa menggunakan dana bantuan sekolah (BOS). Hal itu agar tetap berjalanya proses belajar dan mengajar di SDN Telang Baru yang saat ini memiliki jumlah murid 132 orang dan tenaga pengajar 13 orang.

“Sampai saat ini tidak ada respon dari Dinas terkait untuk mengabulkan permohonan kami. Saya bersama Guru Pengajar sangat mengharapkan perhatian dari Pemerintah untuk mengganti sarana dan prasarana yang tidak layak lagi digunakan di SDN Telang Baru,” pungkasnya.(TWS5)