Di Bartim, Dana ADD dan DD Belum ada Kabarnya

oleh -43 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Sebagian kepala desa di Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengeluhkan dana ADD dan DD tahap II tahun 2018 yang sampai saat ini belum ada kabarnya.

“Semua berkas Spj tahap 1 sudah kita selesaikan dan juga kita sudah serahkan berkasnya ke DPMD Kabupaten Bartim serta sudah diposting. Namun sampai sekarang belum ada kabarnya,” ujar Syahminan, Kepada wartawan, Jum’at (7/9/2018).

Menurut Syahminan, selaku kades Telang Baru Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, apabila dana tersebut nantinya belum juga disalurkan ke rekening kas desa, tentu sangat berdampak pada pelayanan dan pembangunan didesa Telang Baru.

Dirinya meyakini, keterlambatan dana pasti akan berdampak pada waktu pengerjaan pembangunanya. Pasalnya, kalau sudah memasuki musim hujan, pembangunan yang direncanakan untuk membuat titian cor beton didesanya tentu akan terkendala karena banjir.

Baca Juga :   Desa Nonokliwon di Murung Raya Bangun Jembatan dan Rumah Guru Dari Dana Desa

Kalau dikerjakan musim kemarau seperti saat ini, lanjutnya, tentu akan beda hasilnya. Selain cepat selesai, pembangunanya juga kuat karena tidak terkena banjir. Dan hasil pembangunanya pula bisa cepat dirasakan masyarakat.

Selain itu, dampak keterlambatan dana ADD dan DD tahap II tentu ada, menurut Syahminan, apabila yang tahap II ini terlambat, tentu dana Tahap III nanti bisa terlambat pula dan dikhawatirkan menjadi silpa. Hal itu dikarenakan tahun kalender 2018 hampir memasuki bulan akkhir.

Baca Juga :   Keren, Desa Tampa Sebentar Lagi akan Punya GOR

Padahal lanjutnya, syarat pencairan tahap III adalah melengkapi spj tahap II. Namun sampai sekarang pembangunan tahap II belum juga dikerjakan karena anggaranya belum cair.

“Kita harap tahun 2018 ini tidak ada silpa karena masalah keterlambatan dana ADD dan DD,”harapnya.

Dirinya berharap kepada dinas terkait agar bisa memperhatikan nasip mereka yang dari bulan April sampai sekarang belum juga menerima imbalan berupa honor .

Padahal lanjutnya, mereka disuruh bekerja maksimal melayani masyarakat. Namun kesejahteraan tidak diperhatikan.

Dirinya mengatakan, peran kepala desa dalam memajukan daerah sangat lah besar. Karena seorang kepala desa adalah ujung tombak pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Baca Juga :   Camat Dusun Tengah Harapkan Masyarakatnya Tidak Golput

Maka dari itu, saya selaku Kepala Desa Telang Baru mengharapkan kepada pemerintah daerah agar kiranya memperhatikan dan mensejahterakan para kades dan perangkat desa serta, yang lainya.

“Dari bulan April sampai sekarang kami belum juga menerima honor. Namun kami selalu dituntut bekerja maksimal melayani masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja saya bisa ngutang,” pungkasnya.

sementara itu, Kepala Dinas DPMD Bartim saat mau dikonfirmasi ternyata tidak berada dikantornya. “Mau apa mas nemui Kadis. Kadisnya tidak ada dikantor. Bapaknya belum datang,” ujar salah satu petugas ditempat itu.(Budi).