Di Murung Raya Program CSR Perusahaan Tambang Batu Bara Hanya Sebatas Rencana

TEWENEWS, Puruk Cahu –  PT. Marunda Grahamineral (MGM) menggelar kegiatan konsultasi pubik tentang rencana induk Pengembangan dan Pemberdayan Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan di Aula Setda Gedung A, Kamis (4/4/2019). Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Kalteng, Rejikinoor memimpin langsung pertemuan tersebut.

Saat menyampaikan arahannya, Rejikinoor meminta agar perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu bara tetap menjunjung tinggi nilai adat istiadat yang dianut masyarakat sekitar tambang atau pun desa desa binaan mereka,

“Intinya harus menerapkan pribahasa dimana bumi berpijak disitu langit dijunjung,”tegas Rejekinoor dihadapan paserta rapat konsultasi publik yang langsung dihadiri petinggi manajement PT. MGM.

Sementara itu mewakili PT. MGM, Edi Saputro selaku Kapala Teknik Tambang (KTT) menyampaikan selama itu perusahaan sudah melaksanakan program PPM, baik itu dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pertanian, perikanan serta lain sebagainya.

“Berbagai program yang sudah disebutkan tadi akan terus kami laksanakan, baik itu dalam periode operasi tambang dari tahun 2019-2032 sampai periode pasca tambang dari tahun 2033-2035 nanti,” jelas Edi Saputro.

Baca Juga :   Korem 162/WB Gelar Upacara Penghormatan Penerimaan dan Pemberangkatan Jenazah Sertu Anumerta Mirwariyadin

wartawan tewenews.com lansung menyambangi dua Demang Kecamatan yang hadir di acara rapat itu, lansung menayakan tentang program CSR/PPM prusaan tambang yang ada di wilayah mereka. Demang Kecamatan Laung Tuhup yang tida mau disebut namanya, menjelaskan itu semu program perusaan baru rencana katanya,

Ia juga menyapaikan lansung, bahwa desa desa yang ada disekitar binaan tambang batu bara, sangat membutuhkan program sarana air bersih dari pihak prusaan tambang, itu yang paling diutamakan dan sangat dibutuhkan masarakat, namun sampai sekarang masih belum terlealisasi oleh pihak perusaan. “Sekarang kami masih minum air sungai dan sumur,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut turut juga dihadiri oleh beberapa kepala SOPD terkait, Camat Laung Tuhup dan Damang Adat, juga Damang Kecmatan Tanah Siang, serta perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah. (Asmansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: