Di Pelatihan Tanaman Jamur SKB, Kades Bukit Sawit Panin Ragen : Akan Kirim Orang Khusus

TEWENEWS, Muara Teweh – Pelatihan Tanaman Jamur yang diselenggarakan SKB Barito Utara (Barut) telah selesai diselenggarakan. Tapi konsep usaha home industri atau industri rumahan itu ternyata tidak sertamerta sampai disitu saja. Sebab ada kepala desa yang akan kembangkan usaha tersebut di desanya.

Kepala desa (Kades) dimaksud yakni Panin Ragen, Kades Bukit Sawit, Kecamatan Teweh Selatan. Dia merasa yang diperkenalkan pihak SKB kepadanya, cocok diimplementasi dalam usaha Bumdes. Bahkan dia akan kirim orang khusus untuk menimba ilmu budidaya Jamur di SKB.

Tentang keinginannya itu disampaikan langsung pada sesi dialog pada acara pengenalan budidaya tanaman jamur di kantor SKB Barut, jalan Pramuka, Muara Teweh, Kamis (30/1/2020) siang.

“Orang khusus saya maksud, mereka yang putus sekolah tapi punya kemauan berusaha. Mereka segera saya data, untuk belajar lebih dalam di SKB,” ungkapnya kepada tewenews.com, disela penutupan kegiatan, Kamis (30/1/2020).

Baca Juga :   Kades Bukit Sawit Laksanakan Poging Bersama Tenaga Kesehatan

Respon positif terhadap kegiatan tersebut juga ditunjukan Kades Bintang Ninggi-1, Kecamatan Teweh Selatan, Kades Hajak, Kecamatan Teweh Baru dan Kades Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang.

Pelatihan tanaman Jamur Tiram sendiri diselenggarakan oleh SKB mengundang lima kades yakni Kades Batu Raya, Kandui, Hajak, Bukit Sawit, Bintang Ninggi-1, Sabuh dan Karamuan.

Selain itu hadir pula para kaur perwakilan kades lainnya seperti dari Desa Lemo II, Desa Trinsing, Desa Kandui, Desa Karamuan.

Acara pelatihan dibuka resmi oleh Kepalla Dinas Pendidikan, Sahmiludin. Selain mengundang kades, acara juga menghadirkan anggota DPRD Barut Hj.Netty Herawati.

Pelatihan dilaksanakan tiga hari, dimotori instruktur Subagio, Kepala SKB. Tanaman jamur tiram termasuk sukses dibudiyakan oleh SKB sehingga dikembangkan lagi ke desa-desa. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: