Di Tahun 2017,Sebanyak 2.501 Masyarakat Terima Sertifikat Program PTSL

oleh -19 views

TEWENEWS,Muara Teweh- Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang di laksanakan tahun 2017,akhirnya telah berakhir dengan jumlah 2.501 sertifikat tanah yang terdiri dari Kelurahan Lanjas sebanyak 1.715 dan Kelurahan Melayu sebanyak 786.

Dimana penyerahan sertifikat hak atas tanah ini di serahkan secara simbolis oleh Bupati Barut Nadalsyah kepada masyarakat yang ikut dalam program PTSL tahun 2017,yang di laksanakan di halaman kantor Pertanahan Muara Teweh, Jumat (9/2/2018).

Pada kesempatan tersebut Bupati Nadalsyah mengucapkan,terima kasih kepada kepala kantor Pertanahan beserta jajaranya karena telah membantu mempasilitasi pengurusan sertifikat milik masyarakat sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Disperindag Barut Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Muara Teweh Stabil

“Saya juga menghimbau, kepada msyarakat agar menyimpan sertifikat mereka dengan sebaik-baiknya dan jangan mempergunakan sertifikat yang ada dengan tujuan yang tidak perlu,”pesan Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengharapkan, kesadaran masayarakat agar bisa membayar pajak PBB mereka tepat pada waktunya.

Sementara, Kepala Kantor Pertanahan Barut,Handra AR Pioh mengatakan, bahwa program PTSL ini merupakan salah satu program strategis BPN yang juga merupakan program Presiden RI dalam rangka mewujudkan amanat Konstitusi,yaitu tanah untuk sebesar- besarnya kemakmuran rakyat.

Baca Juga :   Pos Kotis TMMD Sebagai Pusat Informasi

“Adapun dasar pelaksanaan program ini yaitu peraturan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala badan pertanahan Nasional No 35 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan PTSL  yang di biayai oleh APBN tahun 2017,”ujar Handra.

Disampaikanya, untuk pembiayaan dokumen surat bukti pemilikan tanah, pajak (BPHTB.PBB dan PPH),pembuatan patok dan sebagainya harus dipenuhi sendiri oleh pemohon atau pemilik tanah.

Baca Juga :   Kapolsek Teweh Tengah AKP Wahyu Satiyo Budiharjo, Pantau Posko Tanggap Darurat Covid 19 di Desa Lemo II

“Ini telah diatur dalam peraturan bersama tiga menteri yaitu menteri dalam Negeri ,Menteri Desa tertingal dan Menteri Agraria,”terangnya.

Sementara, tambah dia untuk tahun 2018 nantinya program PTSL akan dilanjutkan,di mana  untuk Kabupaten Barito Utara akan di targetkan sebanyak 7.500 bidang tanah.

Setelah dilakukan penyerahan sertifikat juga di laksanakan penanda tanganan Nota kesepahaman /Mou antara Kantor Pertanahan ,Kejaksaan Negeri dan kantor Kementerian Agama Kabupaten Barut.(as)