Diangap Menantang Maut, Warga Desa Sikan Gotong Royong Perbaiki Jembatan Ambruk

oleh -109 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Puluhan masyarakat dari Desa Sikan, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara bergotong royong memperbaiki jembatan yang telah ambruk diterjang erosi sungai.

Diketahui pada hari Senin tanggal 6 Januari 2020 pukul 12.00 WIB, jembatan Solai di jalan Desa Sikant, amruk akibat diterjang erosi sungai yang banjir karena tingginya curah hujan.

Aksi tersebut dilakukan masyarakat, Selasa 7 Januari 2020 warga dari Desa Sikan yang bermukim disekitar jembatan Solai, bergotong royong memperbaiki mengunakan bahan dari jembatan yang rusak dan runtuh itu, agar sepeda motor bisa lewat.

Baca Juga :   Ingatkan Warga Sanksi Pidana Karhutla, Polsek Mantangai Berikan Sosialisasi melalui Spanduk

Hal ini mengingat tiap pagi anak-anak karyawan PT Antang Ganda Utama (AGU) dari Apdeling Sikan F dan Sikan D,  bersekolah ke Maranen di Desa Bukit Sawit, selain itu ada warga Desa Sikan yang beraktifitas sebagai petani karet yang mengunakan akses jembatan itu.

Kurniadi atau akrap di sapa Tore, salah satu warga Desa Sikan Rt 02, kepada wartawan tewenews.com, menyampaikan sangat berterima kasih dengan adanya perbaikan jembatan Solai yang dilakukan oleh warga agar bisa dilewati,

Baca Juga :   HARI BHAYANGKARA KE 75, SAT LANTAS POLRES SERUYAN MELAKSANAKAN PELAYANAN BIKIN SIM DAPAT VAKSIN DAN DOORPRIZE GRATIS.

” Kami, sangat mengharapkan kepada pihak pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara, agar secepatnya bertindak, membantu kami masarakat Desa Sikan, apakah perlu dibuat jembatan tanggap darurat dulu, biar warga tidak was-was melewati yang di anggap menentang maut.

Dia juga membenarkan bahwa jembatan Solai yang runtuh itu dulu terbuat dari pohon kayu bulat, dan yang membangun jeumbatan dari PT PMU pada tahun 2000, dan pada tahun 2012, di bangun lagi oleh PT Antang Ganda Utama (AGU) dan PT Kekal Adidaya bergerak di pertambang  yang pelabuhannya di ujung kampung Desa Sikan.

” Nah sudah hampir 8 tahun sampai sekarang, namun jalan atau kupatan ini, bukan jalan perusahaan lagi, karena sekarang pihak pemerintah lagi membangun jalan lintas provinsi, dari Tumpung Laung kecamatan Montalat ke Desa Sikan, jadi jalan ini bukan jalan perusahaan melainkan jalan Lintas provinsi ke kabupaten Barito Utara,” kata Tote.(Asmansyah)