Diatas Bukit Padang Sabana Fulan Fehan, OMK Paroki St.Petrus Tukuneno Dilantik

oleh -228 views

TEWENEWS, Atambua – Diatas Bukit Padang Sabana Fulan Fehan, Pengurus Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Petrus Tukuneno, Kabupaten Belu, Atambua, Periode 2019-2021 resmi dilantik, Minggu (13/1) pukul 10.20 Wita. Mereka dilantik oleh Romo Adhy Ampolo Pr, selaku pembina OMK.

Pelantikan pengurus baru ini sangat berbeda dengan hajatan sebelumnya. Kali ini, semua pengurus OMK hadir di padang sabana Fulan Fehan, diterimah oleh para senior OMK, dengan beberapa games yang mengartikan tentang kebersamaan, para peserta OMK yang siap dilantik, dipimpin oleh ketua OMK-nya, berjalan dari pinggiran Sabana Fulan Fehan,menuju punjak Fulan Fehan yang paling tinggi, tempat dimana telah dikibarkan sang saka merah putih, serta dilangsungkan dengan misa ekaristi di atas padang saban fulan feha yang terbentang luas itu.

Diatas bukit padang sabana Fulan Fehan, para pengurus OMK yang baru dilantik itu menyampaikan sejumlah janji di hadapan romo dan umat yang hadir, demi melaksanakan program-program kerja semasa dua tahun serta berperan aktif membangun Paroki Tukuneno dan kemudian diberkati oleh Romo Adhy Ampolo Pr, selaku pembina OMK.

Suasana begitu hening,pada sebuah ketinggian bukit pada padang Saban Fulan Feha yang dijadikan tempat untuk merayakan ekaristi misa pelantikan Tim Kerja Kepemudaan OMK Paroki St. Petrus Tukuneno.

Merlina Bere, salah seorang wanita yang pada kesempatan tersebut hadir di padang Sabana Fulan Fehan mengatakan, sangat inspiratif, sebab awalnya mereka kaget melahat romo bersama OMK Tukuneno melangsungkan misa di Padang Saban Fulan Fehan, ini artinya orang mudah yang mencintai alam,hal seperti ini jarang terjadi di Atambua.

“Tentu tak terbantahkan lagi trend orang muda sudah menjadi tulang punggung pembangunan di berbagai lini kehidupan. Intinya satu, jangan biarkan gereja kita menjadi museum belaka. OMK punya peran dalam bangun gereja ke depan menjadi gereja yang benar-benar mandiri dan bermartabat,” katanya.

Sementara Ketua OMK Terpilih, pada kesempatan tersebut berkomitmen bersama pengurus,Kepercayaan yang diberikan akan melanjutkan program-program yang berjalan serta yang baru, pihaknya jadikan sebagai wadah untuk membina calon-calon pemimpin, baik lingkup Paroki, maupun di tingkat yang lebih tinggi.

“Selain gerakan di bidang kerohanian juga ada gebrakan lain yang tentu saja untuk membangun gereja Paroki ST.Tukuneno atau Komunitas Estribi,” ucapnya.

Dan suda tentu bakti sosial selalu ada seperti halnya untuk membina mental karakter orang muda, sehingga menjadi orang muda yang baik dan bermartabat, itu bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak muda katolik. Tentunya membentuk tokoh panutan, yang menjadi teladan supaya kita bisa ubah tentang mindset-nya orang akan anak-anak muda yang memiliki kratifitas tinggi.

Di OMK Paroki St.Tukuneno kata dia, selalu ada pelatihan-pelatihan berwirausaha  yang tentu saja bertujuan untuk mengembangkan bakat kaum muda di bidang bisnis, pihaknya berkomitmen wadah OMK Paroki Ini, miliki juga rumah kretif dan ini bisa menjalin tali silaturahim antar sesama anak muda di Keuskupan Atambua pada Umumnya.

Romo Adhy Ampolo Pr selaku pembina OMK, dalam sekapur sirihnya mengatakan, dengan suasana yang beda hari ini dirinya melantik atau mengukuhkan semua badan pengurus OMK terpilih di padang Sabana Fulan Fehan yang terbentang luas dan indah dipandang mata.

Selain menjadi anggota OMK St Petrus Tukuneno, para pemuda bisa meraih kretif yang di miliki melalui caffe ESTRIBI merupakan singkatan dari Satu, Setia dan Selalu Bersama.

“Caffe yang diluncurkan beberapa waktu lalu itu merupakan gambaran tentang mimpi dan perjuangan bersama anak-anak OMK.Tidak saja itu, ESTRIBI caffe menjadi tempat anak-anak muda berkreasi, untuk menciptakan kemandirian ekonomi,”jelasnya.

Ini hasil dari mimpi besar dan kafe ini harus jadi inspirasi dan sikap anak-anak muda berusaha maka hari ini kita bersama hadir di Padang Fulan Fehan melantik/pengukuhan kepada badan pengurus OMK terpilih.

“Sebagai pembina OMK dia berharap, perjuangan ketua OMK terpilih bersama jajarannya bisa berhasil dan menjadi kebanggaan  OMK St. Petrus Tukuneno,” pungkasnya.(Cheldy/Bereck)